Hasil Survei Pemilih Nama Baru Mencuat Jadi Menteri Jokowi


Presiden RI Joko Widodo/AKTUALITAS.ID/ Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Isu sejumlah nama yang akan menjadi calon menteri Kabinet Kerja Jilid II terus berkembang pascapenetapan Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin sebagai Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi dan Maruf Amin masih memiliki waktu sekira 2 bulan untuk merencanakan penyusunan kembali kabinetnya sebelum dilantik pada Oktober 2019 mendatang.

Beberapa partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) telah mengajukan jatah kursi untuk menempatkan kader-kadernya sebagai menteri ke Jokowi.

Selain itu, usulan agar Jokowi memilih menteri-menterinya dari golongan muda terus digelorakan.

Untuk meramaikan pemilihan calon anggota Kabinet Kerja jilid II, situs kabinetindonesiakerjajilid2.com membuat survei pemilihan kandidat anggota kabinet presiden dan wakil presiden terpilih.

“Sebanyak 46 posisi anggota kabinet dijaring dalam pemilihan tersebut,” ujar penyelenggara survei Candra Arie, Senin (26/8/2019).

Tercatat, jumlah voter yang masuk ke dalam situs tersebut yang mencapai ratusan ribu. Sebanyak 50 ribu pengunjung di antaranya telah memberikan pilihan.

Berdasarkan hasil vote sementara, sejumlah wajah baru seperti Erick Tohir, Mafud MD, dan Najwa Sihab berhasil meraih vote tertinggi untuk menjadi kandidat Menteri Kabinet Kerja jilid II.

Namun tak sedikit juga nama-nama menteri dari kabinet lama seperti Sri Mulyani, Rudiantara, Susi Pudjiastuti hingga Hanif Dakiri masih menjadi favorit untuk kembali terpilih menjadi menteri untuk pos kementerian sama ataupun baru versi para pemilih.

“Sejumlah nama calon menteri milenial seperti, Prananda Paloh, Emil Dardak dan Angela Tanoesoedibjo masuk dalam pilihan para pemilih,” ujarnya.

Polling kandidat menteri bagi kabinet Jokowi-Maruf Amin merupakan bentuk partisipasi rakyat dalam membentuk pemerintahan baru yang lebih baik. [inilah]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>