Dahni: Menhan Pastikan Belanja Alutsista Miliki Manfaat Tinggi


Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak Dok. Detikcom

AKTUALITAS.ID – Presiden Jokowi memerintahkan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengubah cara berpikir terkait pengadaan alat utama sistem persenjataan. Jangan hanya berdasarkan menerapkan anggaran, tapi alutsista juga harus didasari dengan pertimbangan teknologi yang canggih agar tidak tertinggal dari negara-negara lain.

Hal ini kemudian mendapat tanggapan dari pihak Prabowo melalui juru bicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil mengatakan, terkait pengadaan alutsista, Prabowo telah bekerja sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh Presiden.

“Selama 1 bulan beliau duduk sebagai Menteri Pertahanan, perintah Pak Joko Widodo itu lah yang beliau kerjakan,” kata Dahnil dalam keterangannya Jumat (22/11).

Dahnil menjelaskan selama ini Prabowo juga sangat fokus dan teliti sebelum menentukan pembelian alutsista. Dia memastikan pembelian alutsista akan memiliki manfaat tinggi untuk pertahanan negara.

“Pak Prabowo fokus memastikan alutsista yang dibeli adalah yang memiliki manfaat tinggi untuk memastikan pertahanan kita kuat sebagai negara dan bangsa,” ujarnya.

Prabowo, kata Dahnil, bahkan telah menyisir satu per satu, mana belanja alutsista yang berorientasi pada proyek semata dan mana yang memang betul-betul teknologi yang dibutuhkan oleh negara. Dalam hal pengadaan alutsista, Prabowo tidak pernah main-main karena menyangkut ketahanan negara.

“Beliau telah ‘menyisir’ belanja-belanja alutsista yang dianggap berorientasi pada proyek, seperti apa yang telah disampaikan Pak Presiden. Menhan tidak akan main-main dengan belanja alutsista karena terkait dengan kedaulatan Indonesia,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>