Pahala Ibadah Puasa Tanpa Batas


Ilustrasi. Keutamaan bulan Ramadhan. (ISTIMEWA)

ALLAH Taala berfirman dalam surah Az Zumar: “Hanyalah mereka orang-orang yang bersabar yang Allah akan tunaikan ganjaran pahala untuk mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10)

Subhaanallah, orang-orang yang bersabar, pahala mereka tanpa batas. Demikian pula dengan orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa, pahala mereka tanpa batas. Ayat ini banyak dijadikan dalil oleh para ulama tentang pahala-pahala ibadah puasa yg begitu besar tanpa batas.

Kenapa? Karena orang-orang yang berpuasa, mereka telah mengumpulkan semua jenis kesabaran. Ibadah puasa ibarat sebuah kanvas yang di atasnya tergambar semua lukisan tentang kesabaran. Kita tahu kesabaran itu ada 3:

  1. Sabar di atas ketaatan
  2. Sabar menahan diri dari kemaksiatan
  3. Sabar di atas cobaan, ujian, dan penderitaan yang Allah Taala turunkan kepadanya.

Seseorang harus bersabar di atas ketaatan, melaksanakan perintah Allah Taala, untuk berpuasa, melaksanakan kewajiban-kewajiban selama berpuasa, termasuk sholat 5 waktu, kemudian dia harus bersabar menahan diri dari kemaksiatan yg bisa menghanguskan pahala puasanya, dia harus bersabar diri untuk tidak melakukan ghibah, tidak melakukan nammah, propaganda, dst. Dia harus bersabar menahan letihnya, menahan rasa laparnya, dan juga rasa dahaganya.

Semua kesabaran ini, ada dalam ibadah puasa, sehingga tidak heran Allah Taala juga mengatakan: “Ibadah puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yg akan memberikan balasannya.”

Kenapa? Kata Al Imam Badaruddin Al Hanafi rahimahullahu: “Karena, besarnya ganjaran, besarnya pemberian menunjukkan kebesaran dan keagungan Dzat Yang Memberi, yaitu Allah Taala, karena Allah sendiri yang akan memberikan ganjaran secara langsung bagi orang-orang yang berpuasa.”

Maka tentu saja anugerah Allah Taala sebanding dengan keMahabesaranNya, keAgunganNya. Karena, BESARNYA PEMBERIAN MENUNJUKKAN KEBESARAN DZAT YANG MEMBERI. Semoga ini memberikan kita motivasi untuk menyempurnakan ibadah puasa kita di atas kesabaran yang sempurna. [Al-Hujjah]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>