Lahan Gambut di Riau Terbakar Seluas 12 Hektar


Helikopter Water Booming saat memadamkan api./Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kurang lebih 12 hektar lahan gambut dan semak belukar terbakar di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Jauhnya lokasi dan sulitnya akses jalan dengan roda dua dan roda empat. Sempat menyulitkan petugas untuk memadamkan api. Satgas gabungan harus menempuhnya dengan berjalan kaki dan harus mengunakan perahu speed boad dan pompong.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, pemadaman dan pendinginan bersama di hari ketujuh dilakukan 49 petugas gabungan. Tim darat terdiri dari satgas KPBD inhu 15 personil, Kodim Inhu 10 personil, Polres  Inhu 20 personil, MPA 2 personel dan masyarakat 2 personil.

“Di lokasi kebakaran tim dibagi menjadi dua. Tim Polres Inhu pendinginan di sebalah selatan, dan Satgas PB KPBD ,Kodim Inhu, memblokir dan pendinginan di sebelah utara,” kata Agus dalam keterangan yang diterima wartawan, Sabtu (20/1/2020).

Sarana dan prasarana yang digunakan untuk memadamkan adalah 1 mobil angkut, 1 unit mobil Komando, 1 unit pompong, 1 speed boad fiber Portelin, motor 4 unit, mesin ministereker 4 unit lengkap, mesin portabel sibahura 1 unit lengkap, 1 unit mesin apung dan mini steker milik  polres dan 1 unit  mesin Robin milik masyarakat.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>