Garuda Menolak Pemulangan Mantan Kombatan ISIS ke Indonesia


Ketua Umum GARUDA Joshua Napitupulu

AKTUALITAS.ID – Rencana memulangkan 600 warga negara Indonesia (WNI) mantan kombatan ISIS ke Tanah Air menuai kontroversi dan mendapat penolakan dari relawan pendukung Jokowi – Ma’ruf Amin.

Seperti diketahui Menteri Agama Fachrul Razi mencoba menggulirkan wacana tentang memfasilitasi kepulangan kombatan mantan ISIS.

Menurut Ketua Umum GARUDA Joshua Napitupulu sangat terlalu besar resiko yang harus ditanggung bangsa untuk mengambil pilihan menyetujui pemulangan para kombatan itu, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Kami Gerakan Relawan Untuk Demokrasi(GARUDA) mendukung sikap Presiden Jokowi yang menolak pemulangan para mantan kombatan dan simpatisan ISIS ke Indonesia.

Penolakan yang kami lakukan sangat jelas bagaimana satu keluarga mantan kombatan ISIS yang melakukan aksi teror bom di salah satu gereja di Surabaya.Bagaimana perasaan mereka hari ini? Ketika mendengar wacana pemulangan 600 kombatan mantan ISIS dan bagaimana perasaaan keluarga korban2 yang lain?

Apalagi saat ini mereka bukan WNI lagi karena sesuai konstitusi hak kewarganegaraannya gugur secara otimatis sebagaimana dimaksud dalam UU No. 12 Tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2007, ujarnya.

Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat yang peduli akan bangsa ini untuk bersama2 kita menolak kebijakan pemulangan para mantan kombatan ISIS, tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>