Cegah Antrean Penumpang Stasiun Tanah Abang, Polisi Imbau KRL Ditambah


AKTUALITAS.ID – Antrean penumpang yang membeludak di Stasiun Tanah Abang sempat viral, menjadi perhatian polisi. Polisi pun menyoroti kapasitas penumpang agar physical distancing tetap terjaga di masa pandemi Corona.

“Hanya mungkin yang perlu diperbaiki adalah dengan jumlah penumpang yang naik dan turun di stasiun ini sekitar 60 ribu per hari dan frekuensi KRL yang begitu banyak tentu menjadi kerja keras kita semua untuk mengatur physical distancing antrean yang naik dan sambil menunggu kereta maupun ketika mereka tiba,” kata Sambodo di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2020).

Berdasarkan pengamatan polisi, para penumpang sudah hampir seluruhnya menggunakan masker. Sarana dan prasarana COVID-19 di Stasiun Tanah Abang juga lengkap. Hanya, sebut Sambodo, masalah jaga jarak masih perlu dievaluasi.

“Hanya untuk protokol COVID-19 physical distancing-nya yang tentu akan kita evaluasi juga, sekarang sudah sampai level berapa persen, biasanya PSBB transisi 60-70 persen dari kapasitas per gerbong ya, karena mungkin juga kebutuhan masyarakat untuk bepergian yang cukup tinggi. Dengan mempertimbangkan supaya tidak ada antrean makanya kapasitas per gerbongnya bisa ditambah,” jelasnya.

Sambodo berencana melakukan penambahan personel polisi di Stasiun Tanah Abang saat jam padat untuk mengawasi dan menegakkan disiplin protokol COVID-19.

“Untuk protokol COVID sarana prasarana sudah cukup lengkap mungkin tinggal nanti kita akan bantu penambahan pelibatan personel khususnya pada pagi dan sore hari ketika terjadi peningkatan jumlah penumpang,” ujar Sambodo.

Ada sekitar 40 personel Ditlantas Polda Metro Jaya yang melakukan giat pengawasan ini. Polisi juga membagikan 5.000 masker sebagai bentuk kampanye.

“Kita tadi membagi masker bagian dari kampanye masker supaya ketika mereka maskernya dicuci, punya masker cadangan. Yang hari ini dibagi ada 5.000 masker Merah Putih,” ujar Sambodo.

Sambodo menilai masyarakat sudah patuh menggunakan masker, namun masih kurang dalam menjaga jarak. Pihaknya berencana akan melakukan penambahan personel di area Stasiun Tanah Abang.

“Untuk protokol COVID sarana prasarana sudah cukup lengkap mungkin tinggal nanti kita akan bantu penambahan pelibatan personel khususnya pada pagi dan sore hari ketika terjadi peningkatan jumlah penumpang,” ungkapnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>