Selama Penyelenggaraan Pilkada 2020, 40 Anggota KPU Terpapar Covid-19


Anggota KPU RI Ilham Saputra, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Plt Ketua KPU Ilham Saputra mengungkap, 40 anggota KPU Pusat hingga KPU provinsi dan kabupaten/kota terpapar Covid-19 selama penyelenggaraan Pilkada 2020.

Hal itu disampaikan dalam rapat evaluasi Pilkada di Komisi II DPR RI bersama Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP.

“Berdasarkan hasil monitoring yang kami lakukan ada juga staf dan ASN kami yang terpapar COVID-19. Ini ada total komisioner 40 orang. Alhamdulillah Pak Arif, Pak Pram segera sehat. Saat ini Pak Viryan sedang isolasi,” ujar Ilham di DPR, Selasa (19/1).

Ilham juga mengungkap ada ASN KPU, tenaga hali, operasi dan pegawai lain yang terpapar Covid-19.

“ASN ada di atas 36 orang. Tenaga ahli, tenaga pendukung dan tenaga operator 47 orang, Panitia ad hoc 2020 yang kami trima laporannya 36 orang dan pegawai lain 26 orang,” jelas Ilham.

Selain Covid-19, selama penyelenggaraan Pilkada 2020 terjadi kecelakaan petugas Pemilu. Terdapat 31 orang PPK, 34 orang PPS dan 37 orang KPPS tengah rawat jalan.

“Sampai tgl 15 Januari 2021 telah terjadi beberapa kejadian kecelakaan kerja yang mengakibatkan badan penyelenggara ad hoc harus melakukan perawatan di RS maupun berobat jalan, bahkan ada juga yang meninggal dunia,” jelas Ilham.

Ada juga petugas Pemilu yang masuk rawat inap sebanyak 42 orang dan juga meninggal 41 orang. KPU telah mengambil kebijakan untuk bantuan dana petugas yang mengalami kecelakaan.

“Jadi jumlahnya sudah kami tentukan. Itu Rp 2 juta untuk rawat jalan. Untuk sakit rawat inap Rp 15 juta dan meninggal dunia Rp 36 juta,” jelas Ilham.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>