BMKG Ingatkan Status Siaga Banjir di Jakarta dalam 2 Hari ke Depan


Warga mencari ikan saat banjir merendam rumah warga di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan status siaga banjir akibat hujan intensitas lebat di DKI Jakarta dalam dua hari ke depan, 28-29 Januari 2021.

“Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, selama dua hari ke depan, potensi dampak dengan status siaga adalah DKI Jakarta,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Selain Jakarta, BMKG juga mengingatkan status siaga banjir di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat dan angin kencang akan melanda 28 provinsi di Indonesia.

Wilayah tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrim seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujar Guswanto.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>