Puluhan Rumah di Lumajang Rusak Akibat Gempa di Blitar


Ilustrasi Gempa Bumi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS. ID – Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/05) lalu, mengakibatkan beberapa rumah di Kabupaten Lumajang rusak. Terdapat 19 rumah yang mengalami kerusakan akibat terdampak guncangan yang kuat. Wilayah kerusakan tersebut mencakupi Kecamatan Tempursari, Pronojiwo dan Pasrujambe.

Sebagian rumah yang terdampak mengalami retakan di bagian tembok. Namun juga ada rumah yang atapnya runtuh karena tidak kuat menahan goncangan gempa. Hal ini berdasarkan penilaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Minggu (23/5).

Di antara rumah yang hampir runtuh terdapat di Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari. Rumah tersebut hampir ambruk.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang menyatakan, kondisi terparah berlokasi di Kecamatan Tempursari dan Pasrujambe.

“Itu warga Dusun Tulungrejo, Desa Pasrujambe. Rumah yang ditempati bersama anaknya ini rusak parah setelah diguncang gempa Jumat lalu, juga di Tempursari,” kata Joko kepada wartawan.

Kekhawatiran terhadap gempa sekarang menjadi trauma yang dialami oleh warga. Karena mereka sangat takut jika ada gempa susulan. Sehingga perlu kewaspadaan yang tinggi terutama pada malam hari.

Dalam data BPBD Lumajang, data sementara yang berhasil dikumpulkan terdapat delapan rumah rusak di Kecamatan Pasrujambe, lima rumah di Kecamatan Pronojiwo dan enam di Kecamatan Tempursari.

“Beruntung tidak ada korban luka terhadap penghuninya,” pungkas Joko.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>