Jokowi Dorong Sejumlah Kementerian Siapkan Road Map Jika Covid Bertahun-tahun


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong sejumlah kementeriannya membangun peta jalan (road map) sebagai persiapan untuk menghadapi skema pandemi covid selama bertahun-tahun ke depan. Road map yang diminta Jokowi mulai dari target vaksinasi, hingga sejumlah penyesuian aktivitas ekonomi di tengah pandemi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat mengumumkan perpanjangan PPKM berdasarkan level hingga 16 Agustus mendatang, Senin (9/8/2021) malam.

“Jadi arahan Presiden, kita harus punya road map, bagaimana ke depan kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan,” tutur Budi.

“Bagaimana prokes yang kita miliki bisa jaga kita untuk tetap normal menjalankan aktivitas ekonomi,” tambah Budi menegaskan.

Road map tersebut diimplementasikan salah satunya dengan membangun target vaksinasi di wilayah aglomerasi Jawa-Bali. Hingga September 2021, pemerintah menargetkan capaian vaksinasi di angka 70 persen.

“Minimal 70 persen di akhir September,” kata Budi, Minggu (9/8).

Budi juga menyebut bahwa Jokowi meminta penyusunan peta jalan penerapan protokol kesehatan di sejumlah sektor ekonomi.

Bertolak dari arahan presiden itu, Budi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan membuat pilot project yang mengatur penerapan prokes di enam sektor secara digital yakni kantor, kawasan industri, perdagangan, pendidikan, keagamaan, transportasi, dan pariwisata.

“Pertama perdagangan itu bisa modern seperti mal atau department store atau perdagangan tradisional seperti pasar dan toko kelontong, kedua kantor dan kawasan industri,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Budi, Jokowi juga memberi arahan agar prokes yang mendampingi masyarakat itu praktis, dapat memberikan keamanan, dan berbasis IT. Jokowi, kata Budi, juga telah menunjuk agar aplikasi PeduliLindungi sebagai pijakan pelaksanaan prokes ini.

“Rencananya mulai minggu depan akan mulai di beberapa mal bekerja sama dengan beberapa asosiasi mal Indonesia,” ujar Budi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>