Pengamat Nilai Syahrul Yasin Limpo Opsi Ideal Dengan Ganjar di Pilpres 2024


Mentan Syahrul Yasin Limpo, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau karip disapa SYL kedapatan saling berbalas pujian saat peringatan Hari Rabies Sedunia yang digelar di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Momen tersebut terekam dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram Ganjar @ganjar_pranowo dengan keterangan “Pujian balas pujian”. Video itu pun viral.

Banyak warganet yang menilai keduanya cocok disandingkan menjadi pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik Karyono Wibowo menilai, SYL merupakan salah satu opsi kuat untuk bersanding dengan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Terlebih, SYL merupakan figur politik yang berasal dari luar Pulau Jawa dan dapat memberikan tambahan suara bagi Ganjar.

“Jadi kalau menurut saya, (Ganjar-SYL) salah satu opsi lah ya,” kata Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute ini ketika dihubungi, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, elektabilitas Ganjar sebagai capres belakangan ini tengah meningkat tajam. Ia memandang, kans politisi PDIP itu sangat kuat untuk menjadi capres pada Pilpres 2024.

Berdasarkan pengamatannya, banyak figur politik yang terkesan ingin merapat ke Ganjar untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Beberapa di antaranya yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Partai Golkar Airlangga Hartarto, figur politik yang berasal dari Pulau Jawa.

Namun, ia menilai, pasangan ideal yang dapat digandeng Ganjar harus berasal dari luar Pulau Jawa. Hal ini agar pendulangan suara Ganjar lebih meluas hingga luar Pulau Jawa.

“Kans untuk jadi capres itu Ganjar sangat kuat sekali. Nah kalau untuk pasangannya memang secara politik itu ada luar jawa,” katanya.
Salah satu unggahan akun Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo)

Di sisi lain, menurut Karyono, penilaian Ganjar-SYL sebagai pasangan capres dan cawapres yang ideal perlu dilihat dari seluruh aspek, termasuk data survei terbaru. Sebab, kata dia, umumnya pasangan capres dan cawapres saling padu untuk mendongkrak elektabilitas satu sama lain.

“Harus melihat data surveinya. Apakah pasangan Ganjar dan Syahrul Yasin Limpo cukup kuat atau justru lemah. Apakah faktor Syahrul Yasin Limpo itu menjadi variabel penguat elektabilitas Ganjar atau justru sebaliknya, atau tidak berpengaruh apa-apa, atau justru malah menurun,” ucapnya.

Dalam video viral itu, Syahrul mempersilakan Ganjar berbicara melalui video zoom meeting. “Sekarang gilirannya Gubernur yang paling gagah di dunia adalah Pak Ganjar, silahkan Jawa Tengah,” kata SYL sapaan akrab Syahrul.

Ganjar yang telah dipersilahkan berbicara justru membalas pujian SYL. Ganjar menilai, Kementerian Pertanian melalui Syahrul memiliki komitmen luar biasa.

“Justru kita melihat dulu katanya, ‘Wah Pak Syahrul ini bukan insinyur pertanian, bukan dokter hewan, bukan sarjana peternakan.’ Tapi ingat Pak Syahrul ini pernah menjabat mulai lurah, camat, bupati sudah lengkap lah,” tutur Ganjar.

Ia juga mengungkapkan, SYL merupakan satu-satunya politisi di Indonesia yang karirnya selalu naik. “Jadi kalau orang bercerita politik manajerial terkait dengan apapun, beliau ini jagonya,” tutur Ganjar.

Menanggapi itu, SYL menuturkan, hadirnya seorang pimpinan di suatu daerah yang kuat, membuat akselerasi pasti bisa berjalan hanya dengan pemerintahan yang kuat.

“Dan pemerintahan yang kuat itu harus diawali dengan hadirnya pemimpin-pemimpin yang sangat so care , so sharing, so hearness terhadap kepentingan rakyat dan tidak meladeni dirinya sendiri dan itu ditunjukkan pada gubernur yang hadir dilayar ini dan termasuk yang terakhir sekali pak Ganjar,” ujar SYL.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>