Luhut Pastikan 3 WNA di Manado Tak Terpapar Varian Omicron


Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tiga warga negara asing (WNA) di Manado, Sulawesi Utara, tidak terpapar Covid-19 varian Omicron.

Luhut mengatakan ia baru saja mendapat informasi tentang pemeriksaan tiga WNA tersebut. Dia menegaskan pasien Covid-19 varian Omicron baru ada di Jakarta.

“Confirmed baru berita yang di Manado tidak Omicron. Kita yang Omicron hanya ada yang di Wisma Atlet,” kata Luhut dalam jumpa pers daring, Senin (20/12).

Luhut menyampaikan pemerintah juga telah melakukan lockdown di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Dia memastikan kasus Covid-19 varian Omicron di tempat itu tidak akan menular ke luar.

Mantan Kepala Staf Presiden itu meminta tidak ada pihak yang menyebarkan informasi palsu soal Omicron. Dia berharap semua pihak bekerja sama dalam penanganan pandemi.

“Saya imbau semua kita masyarakat, semua kita politisi, tentara, polisi masyarakat semua. Jangan ada yang main-mainkan ini,” tuturnya.

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan tiga kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Kasus pertama terdeteksi pada satu orang petugas pembersih berinisial N di RSDC Wisma Atlet. Adapun kasus kedua dan ketiga merupakan WNI yang baru pulang dari AS dan menjalani isolasi di Wisma Atlet.

Kemudian, ada informasi soal tiga orang WNA di Manado, Sulawesi Utara terpapar Omicron. Pemerintah pun melakukan whole genome sequencing kepada tiga orang probable Covid-19 varian Omicron itu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>