Jelang Libur Natal dan Tahun Badai Omicron Hantui Eropa


Ilustrasi, Foto: Istimewa

Badan Kesehatan Dunia (WHO) kemarin menyerukan warga dunia untuk membatalkan sejumlah acara liburan jelang Natal dan Tahun Baru karena merebaknya varian Omicron Covid-19, terutama di Eropa.

Varian Omicron menyebar lebih cepat dari varian Delta yang bisa menulari orang yang sudah divaksin penuh atau mereka yang sudah sembuh dari Covid-19, kata WHO dua hari lalu.

“Dengan kasus yang terus melonjak, semua sistem kesehatan akan kewalahan,” kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan kepada wartawan di Jenewa, Swiss, seperti dilansir laman France24, Selasa (22/12).

Menurut dia juga kurang bijak untuk menyimpulkan Omicron sebagai varian yang lebih ringan dari varian lain hanya berdasarkan bukti awal.

Sejak muncul akhir bulan lalu, Omicron sudah terdeteksi di sedikitnya 38 dari 53 negara Eropa dan sudah menjadi varian dominan di beberapa negara seperti Denmark, Portugal, dan Inggris.

“Kita melihat ada badai yang akan menerpa,” kata Kepala WHO Wilayah Eropa Hans Kluge, seperti dikutip the Guardian, Rabu (22/12).

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pun mengingatkan, perayaan liburan akhir tahun di sejumlah tempat bisa “memicu lonjakan kasus hingga membuat sistem kesehatan kewalahan dan menyebabkan lebih banyak kematian”. Dia meminta warga untuk menunda kumpul-kumpul untuk liburan dan perayaan.

“Lebih baik membatalkan acara daripada kehilangan nyawa,” kata dia.

Data WHO memperlihatkan wilayah Eropa melaporkan angka kasus tertinggi Covid-19 dibanding wilayah lain di dunia.

Sejumlah negara termasuk Jerman dan Portugal mengumumkan kembali aturan pembatasan seusai Natal.

Jerman mengumumkan aturan pembatasan akan berlaku mulai 28 Desember. Kumpul-kumpul dibatasi 10 orang dan klub malam juga ditutup. Pertanding sepak bola akan digelar tanpa penonton.

“Virus corona tidak mengenal libur Natal,” kata Kanselir Jerman Olaf Scholz.

“Kita tidak bisa, tidak boleh menutup mata akan badai yang mulai menghantui kita,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>