Generasi Muda Diajak Geluti Sektor Pertanian


AKTUALITAS.ID – Hari ketiga Festival Urban Farming 2023 di gedung Blok G Balai Kota DKI semakin semarak dengan kehadiran duta petani milenial dari berbagai wilayah di Indonesia.

Petani milenial dari Jakarta, Bogor, Bandung dan Banten hadir menceritakan pengalamannya dalam sesi talkshow atau bincang-bincang pada Festival Urban Farming 2023. Turut hadir publik figur sekaligus pemerhati lingkungan dan anak, Vicky Shu.

Vicky Shu mengajak generasi muda untuk terjun menggeluti sektor pertanian karena menjadi petani juga merupakan salah satu pekerjaan mulia.

“Bertani itu keren, baik sebenarnya. Profesi petani merupakan salah satu pekerjaan mulia untuk memenuhi kebutuhan pangan warga,” ujar Vicky Shu, Rabu (1/11).

Ia juga mengaku sudah lama tertarik terjun di sektor pertanian dan menjadi pegiat urban farming khusus tanaman obat-obatan.

Pemprov DKI Jakarta sejak beberapa tahun silam gencar menggalakkan program urban farming dengan mengajak warga memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk budi daya sejumlah tanaman produktif guna memenuhi kebutuhan pangan yakni sayuran dan buah-buahan.

“Program urban farming di Jakarta dilaksanakan untuk pemenuhan pangan bagi warga sendiri, bahkan berpotensi berkembang menjadi sumber penghasilan bagi warga Jakarta,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengungkapkan, antusias warga yang datang ke Festival Urban Farming di hari ketiga masih tinggi.

“Ini menjadi bahan masukan untuk pelaksanaan Festival Urban Farming di tahun mendatang,” ungkapnya.

Ia memaparkan, Festival Urban Farming 2023 di hari ketiga diisi dengan berbagai acara di antaranya bincang-bincang dengan petani milenial lintas provinsi, bimtek olahan pepaya dan olahan rosela serta lomba membuat hampers sayur segar, fotografi, tanaman hias sansiviera dan aglonema.

“Selama tiga hari digelarnya festival, kami juga telah membagikan sebanyak 19.500 bibit tanaman produktif kepada pengunjung,” paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya bersinergi dengan kampus dan sejumlah publik figur untuk menggaet lebih banyak lagi generasi muda agar lebih tertarik menggeluti sektor pertanian.
Dinas KPKP DKI Jakarta bersama Kementerian Pertanian sejak tahun 2023 telah mengirimkan enam generasi muda ikut pelatihan ke Jepang untuk belajar sektor pertanian dan kelak menjadi petani milenial sebagai benteng ketahanan pangan di Jakarta. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>