Fakta Menarik, Benarkah Laron Datang Saat Musim Hujan? Ini Penjelasannya


Ilustrasi. Laron datang saat musim hujan (ist)

AKTUALITAS.ID – Laron yang merupakan hewan kecil bersayap dengan nama ilmiah Macrotermes gilvus, seringkali muncul ketika musim hujan dan beterbangan mendekati cahaya.

Ternyata serangga bersayap yang keluar saat musim hujan dan mendekati cahaya ini bukanlah laron sembarangan, melainkan laron dengan kasta reproduktif. Sebab tak semua laron berkesempatan untuk bereproduksi.

Serangga yang sering kali diabaikan atau dianggap mengganggu ini sebenarnya menyimpan sejumlah fakta menarik yang mungkin jarang disadari.

Berikut ini deretan fakta terkait laron yang dikutip dari berbagai sumber. 

Muncul Ketika Musim Hujan

Mitos yang beredar di Indonesia kehadiran laron dipercaya sebagai tanda akan turunnya hujan. Alasan sebenarnya laron muncul dikarenakan pada saat itu tanah menjadi basah dan udara terasa lembap. Selain itu, musim hujan juga merupakan musim kawin untuk serangga ini.

Menyukai Cahaya

Ketika musim hujan tiba laron sering kali ditemukan mengerumuni pancaran cahaya. Hal itu dikarenakan laron sendang mencari kehangatan saat memasuki musim hujan. Pada sumber cahaya ini, laron mencari pasangannya untuk membentuk suatu koloni.

Hidup Singkat

Laron memiliki hidup yang singkat yang hanya satu malam. Namun, hal ini terjadi apabila laron tidak berhasil menemukan pasangannya sampai waktu fajar. Bagi laron yang gagal mendapat pasangan, hewan tersebut akan mati. Sebaliknya bagi yang mendapatkan pasangan akan membentuk koloni baru.

Diolah Menjadi Makanan

Bagi beberapa orang akan menganggap laron adalah hewan yang kotor, tetapi ternyata ia dapat diolah menjadi makanan.. Masyarakat Yogyakarta, Boyolali dan Wonogiri selalu menjadikan laron sebagai rempeyek atau peyek.

Selain itu, peyek laron juga sudah ada semenjak zaman penjajahan Jepang. Selama penjajahan masyarakat menjadikan laron sebagai salah satu sumber makanan. Rasa peyek laron juga dikenal masyarakat seperti peyek udang dengan cita rasa gurih.

Cara Mengusir

Tidak sedikit orang menganggap laron sebagai gangguan. Hal ini dikarenakan ketika matahari terbit tubuh dan sayap laron akan berserakan.

Demi mengurangi hal tersebut, Anda bisa mencoba menaruh satu baskom air di bawah lampu, maka laron  akan terjebak di air. Selain menggunakan jebakan air, hal yang paling mudah adalah menggunakan semprotan pembasmi serangga. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>