1,4 Juta Tiket Kereta Api Libur Nataru Ludes Terjual 


Ilustrasi naik kereta api. (Foto: Dok. KAI Daop 1)

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 1,4 juta tiket kereta api (KA) atau 50 persen dari kuota yang disediakan sebanyak 2,8 juta tiket selama momen masa libur Natal dan Tahun Baru periode tanggal 21 Desember 2023 – 7 Januari 2024, pada Rabu (20/12/2023) ludes terjual.

“Posisi ketersediaan tiket kereta api masa liburan Natal Dan Tahun Baru periode tgl 21 Desember 2023 – 7 Januari 2024 pada data Rabu, 20 Desember 2023 terjual habis, meliputi kereta api jarak jauh, menengah, dan lokal,” ujar Vice President Public Relations Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus di Jakarta, Rabu (20/12).

Joni  mengatakan, puncak arus mudik Natal diprediksi akan terjadi pada tanggal 23 Desember 2023, dengan total penumpang kereta mencapai 167 ribu orang.

Kemudian, ia menjelaskan rincian tiket yang telah dipesan masyarakat, yakni sekitar 327 ribu tiket untuk kelas eksekutif, 45 ribu tiket untuk kelas bisnis dan lebih dari 1 juta tiket untuk kelas ekonomi.

Sementara tujuan favorit di masa libur Nataru adalah dari Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi, Pasar Senen – Purwosari, Pasar Senen – Lempuyangan, Gambir – Yogjakarta serta Gambir – Semarang.

Joni menambahkan, masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api diharapkan dapat merencanakan perjalanan mereka dan memesan tiket kereta melalui website resmi ataupun channel penjualan resmi PT KAI.

Kemudian, bagi calon penumpang yang kehabisan tiket yang diinginkan, dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan kereta api dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“Pada periode peak season ini, KAI mengimbau kepada para pelanggan untuk dapat mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal ke stasiun keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pelanggan di stasiun-stasiun keberangkatan,” katanya.

Meski demikian, pelanggan juga tetap diimbau untuk mengalokasikan waktu yang cukup agar jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya. 

“Dengan semangat melayani, seluruh insan KAI akan memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang kami hadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Natal dan Tahun Baru,” pungkasnya. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>