Banjir Bandang Mandailing Natal, Puluhan Jiwa Mengungsi


Ilustrasi,

AKTUALITAS.ID  – Hujan lebat dan meluapnya Sungai Aek Singolot menyebabkan banjir bandang di Desa Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (20/12/2023) pukul 23.00 waktu setempat. Akibat kejadian tersebut memaksa 86 jiwa santri dan 9 jiwa lainnya harus diungsikan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal Mukhsin Nasution mengatakan, para korban bencana banjir bandang diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

“Puluhan jiwa yang mengungsi sementara diarahkan ke sekolah pesantren terdekat,” ujar Mukhsin melalui sambungan telepon, Kamis (21/12/2023).

Dirinya menjelaskan, satu orang yang mengalami luka-luka langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat.  “Satu korban luka sudah tertangani di RSUD Panyabungan,” ucapnya.

Saat ini, kata Mukhsin melaporkan kondisi banjir pada Rabu inisudah surut dan pihaknya telah mengerahkan bantuan logistik bagi warga terdampak.

“Banjir sudah surut dan kami telah membawa bantuan logistik berupa makanan siap saji dan kebutuhan dasar lainnya,” tutur Mukhsin.

Lokasi bangunan yang sangat dekat dengan aliran sungai menyebakan sebanyak 36 unit pondok santri hanyut terbawa arus banjir bandang, 2 unit rumah rusak berat dan 2 sarana ibadah terdampak.

“Kami sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak pondok pesantren dan otoritas daerah terkait untuk pembersihan dan pemulihan bangunan rusak,” tutup Mukhsin.

Memasuki periode awal musim hujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah setempat untuk selalu waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, tanah longsor maupun banjir bandang yang disebabkan akibat hujan lebat di hulu sungai yang membawa material pepohonan maupun lumpur yang dapat membahayakan pemukiman warga sekitar. [Juniar Arbianto/Ari Wibowo]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>