Polri Ungkap 146 Orang Jadi Korban Aksi Brutal KKB Sepanjang 2023


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok: IST)

AKTUALITAS.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa terdapat 199 aksi serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sepanjang tahun 2023. Dari aksi tersebut, sebanyak 146 menjadi korbannya.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan rilis akhir tahun atau penyampaian hasil kerja di Gedung Rupatama, Rabu (23/12/2023).

“Berdasarkan hasil evaluasi, pada tahun 2023 terdapat 199 aksi KKB yang mengakibatkan 146 orang menjadi korban,” kata Listyo Sigit di Gedung Rupatama, Rabu.

Sigit juga menyebutkan bahwa terdapat 234 aksi Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua pada tahun 2023. Angka itu, Sigit mengatakan menurun dibandingkan tahun 2022.

Untuk menghadapi KKB dan KKP, Sigit mengatakan pihaknya akan melakukan peningkatan kapasitas satuan wilayah dengan melakukan pemekaran dengan memegarkan dan mengawal program daerah otonom baru (DOB) pemekaran polda Papua menjadi 6 polda 49 polres yang didukung oleh 21.500 personil.

“Kami menggelar operasi untuk kegiatan di Papua meliputi Operasi Damai Cartenz ini operasi penegakan hukum, Operasi Paro 2023 bersama dengan TNI tercipta diplomasi, dan pencarian terhadap penculikan Kapten Philips Mark, Operasi Rastra Samara Kasih (Rasaka) operasi soft approach dengan tujuan ‘To win The Hearts and Mind The People of Papua’ melalui program Binmas Noken dan Operasi Petik Bintang Mansinam 2023 terkait dengan kegiatan KKB dan KKP di Papua Barat,” jelasnya.

Dia menegaskan, Polri juga terus bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait guna memberikan pelindungan kepada masyarakat dari serangan KKB. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>