Gunakan Fasilitas Modern, Pemkot Bekasi Bangun Halte Canggih Seharga Rp180 Juta


Halte bus modern di Bekasi. Foto: (Ist)

AKTUALITAS.ID – Pemkot Bekasi membangun sepuluh halte bus canggih dengan fasilitas modern. Salah satunya di depan SMPN 2.

Berdasarkan situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bekasi. Pembangunan halte baru ini menelan anggaran Rp180 juta dari dana APBD-P 2023.

Pantauan di lokasi Kamis (18/1), halte bus itu terlihat megah. Berdiri di lokasi yang cukup strategis.

Sayangnya, letak halte bus itu berdiri di atas pedestrian. Bagi pejalan kaki, mereka terpaksa harus melintas di jalur kendaraan.

Kondisi ini mengancam keselamatan. Terutama mereka yang berkebutuhan khusus.

Selain itu, tak nampak pula aktivitas masyarakat untuk menunggu bus di halte itu. Yang terlihat justru sejumlah abang-abang ojek online (ojol) yang tengah beristirahat.

Saat ditemui, sejumlah pengemudi ojol itu enggan memberikan tanggapannya.

Selain didirikan di ruang pedestrian, fasilitas pendukung di halte itu juga nampak belum optimal. Hanya dilengkapi dengan 4 kursi, 1 CCTV dan pengisian daya ponsel.

Tidak ada tempat sampah. Juga ruang khusus kaum difabel. Papan informasi pun terlihat masih bersih tanpa pemberitahuan apapun.

Mengutip keterangan tertulis Humas Pemkot Bekasi. Halte berkonsep modern dan smart ini dibangun di 10 titik.

“Fasilitas ini berupa sarana halte yang berada di beberapa ruas jalan Kota Bekasi dengan disain baru berkonsep modern dan smart untuk memberikan kenyamanan warga pengguna halte,” tulis keterangan Humas Pemkot Bekasi.

Halte di depan Grand Mall Bekasi ini telah dilakukan penyelesaian kontrak senilai Rp 135 juta.

Sedangkan untuk nilai kontrak yang tertera dalam sistem tersebut tercantum dengan nilai Rp 133 juta.

Diketahui, 10 halte bus modern yang kini telah terbangun memiliki nilai pagu yang berbeda beda. Nilai pagu tersebut berada di angka Rp 135 juta dan Rp 180 juta.

Terdapat 7 halte modern dengan nilai pagu Rp 180 juta dan 3 lainnya dengan nominal pagu Rp 135 juta. Jika ditotal, Dishub Kota Bekasi menganggarkan Rp 1,6 Miliar. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>