Polda Kalsel Libatkan Suku Bangsa Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024


Kapolda Kalsel Irjen Pol. Winarto (kanan) menerima cendera mata dari Ketua Umum Dayak Kulawarga Borneo Salam (kiri) usai kegiatan Colling System Pemilu Damai 2024 Suku-Suku Bangsa se-Kalsel di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (31/1/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Jajaran Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) akan melibatkan seluruh suku bangsa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pemungutan suara pemilihan umum pada 14 Februari 2024.

“Seluruh suku yang ada di Kalimantan Selatan berikrar secara serentak dengan harapan pemilu terselenggara dengan aman, damai, dan lancar,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol. Winarto di Banjarmasin, Rabu (31/1/2024).

Dia menyebutkan perwakilan suku dan etnis mengucapkan ikrar di hadapan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat yang dihadiri pejabat utama TNI, Polri, pemerintah daerah, beserta instansi terkait lainnya dan disaksikan masyarakat.

“Pentingnya melibatkan masyarakat adat untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif, apalagi menjelang pemungutan suara sekitar dua pekan lagi,” ujarnya.

Ia menuturkan deklarasi tersebut sebagai wujud masyarakat adat di Kalimantan Selatan bersatu dan memiliki tujuan yang sama menyukseskan pemilu tanpa memandang perbedaan suku, ras, etnis, golongan, dan agama.

Kapolda Kalsel menekankan berbeda pilihan politik adalah hal yang wajar sehingga bukan menjadi alasan perpecahan untuk membangun Indonesia yang maju dan sejahtera.

Oleh karena itu, dia meminta para tokoh adat saling merangkul untuk menjaga keamanan baik saat pemungutan suara, hingga berakhirnya penyelenggaraan Pemilu 2024. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>