Cara Mengobati Stres dalam Islam, Tidak Larut dalam Kesedihan


Ilustrasi. Stres (Thinstock)

AKTUALITAS.ID – Stres merupakan salah satu bentuk emosi yang dipicu oleh berbagai macam hal seperti kehilangan, kesedihan, memiliki masalah dalam pekerjaan atau hubungan, dan lain sebagainya.

Kita harus ikhlas menghadapi segala sesuatunya, karena pasti ada hikmah dibaliknya. Kita boleh sedih namun harus pandai dalam mengelolanya agar tidak stres hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mengobati rasa stres dalam Islam? Simak berita berikut!

1. Bertawakal

Jika stres kita pasti hanya memikirkan hal-hal negatif dibandingkan hal positif. Padahal jika diteliti dengan baik, segala kejadian atau ujian merupakan takdir yang Allah SWT tetapkan pada kita. Oleh karena itu, kita harus bertawakal kepada Allah SWT dan menerima segala sesuatu yang telah ditakdirkan.

2. Memohon doa dengan niat yang ikhlas

Allah SWT sangatlah dekat dengan umatnya, bahkan lebih dekat dari urat nadi. Jadi kita tak perlu sungkan untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Namun jika ternyata Allah tidak mengabulkan hal tersebut, bukan berarti Ia tidak menyayangi kita. Karena sesungguhnya Allah tau apa yang terbaik bagi hambaNya.

3. Shalat

Shalat merupakan ibadah yang bisa menjadi media kita berkomunikasi dengan Allah SWT. Dengan menjaga shalat wajib dan rajin melaksanakan shakat sunnah dapat membantu menjaga ketentraman hati hingga bisa mengatasi segala permasalahan emosial yang kita rasakan.

4. Berdzikir

Dzikir berarti mengingat Allah SWT, dengan begitu kita akan merasakan kehadiran Allah dalam setiap hembusan nafas kita saat berdzikir. Berdzikir yang diniatkan untuk Allah juga dapat memberikan manfaat ketenangan di hati kita.

5. Berusaha menjalin silaturahim

Sebagai makhluk sosial, kita membutuhkan aktivitas sosial bersama manusia lainnya. Namun silaturahmi dalam Islam bukan berkumpul dan bergosip, melainkan menjaga hubungan baik dengan saudara dan sesama manusia. Menjaga hubungan baik dengan manusia dapat menghindari kita dari stres, dan lebih baik hubungan ini diisi dengan hal yang baik dan bermanfaat.

Demikianlah cara Islam dalam mengobati rasa stres dan sebaiknya kita tidak larut dalam kesedihan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>