TKN: Kabinet Prabowo-Gibran Bakal Diisi Perwakilan Parpol, Profesional dan Relawan


Pidato Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2) malam.(Dok: TKN Prabowo-Gibran)

AKTUALITAS.ID – Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta) Prabowo-Gibran, Anggawira membeberkan gambaran komposisi menteri kabinet Prabowo-Gibran.

Menurut Anggawira, kabinet Prabowo-Gibran bakal diisi perwakilan partai politik, kalangan profesional serta relawan sebagaimana komposisi kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

“Komposisinya ada (perwakilan) parpol, ada dari profesional, pasti ada dari kalangan relawan juga karena ini kan tergambar dari komposisi kabinet Jokowi dua periode ini. Pak Jokowi selalu akomodir dari tiga elemen tersebut,” ujar Anggawira, Selasa (27/2/2024).

Hanya saja, kata Anggawira, menjadi kewenangan Prabowo selaku presiden terpilih yang akan menentukan jumlah menteri dari setiap perwakilan.

Menurut dia, Prabowo memiliki hak prerogatif untuk menentukan jumlah menteri dari perwakilan parpol, profesional dan relawan.

“Komposisinya berapa persen, saya rasa presiden akan punya strategi khusus untuk hal ini dan itu merupakan hak prerogatif presiden,” tandas Ketum Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) ini.

Menurut Anggawira, Prabowo-Gibran bakal mempertimbangkan berbagai aspek dalam penyusunan kabinet.

Namun, kata dia, yang bakal menjadi pertimbangan utama Prabowo-Gibran adalah kompetensi dari masing-masing kandidat menteri kabinet.

“Yang terpenting baik dari partai, profesional atau juga relawan adalah kompetensi dan kapabilitas orang tersebut. Jadi, kita semua, dalam hal ini civil society, stakeholder harus melakukan asesmen terhadap nama-nama yang memang akan muncul di publik dalam beberapa waktu ke depan untuk melakukan skrining juga terhadap kompetensi-kompetensi teman-teman yang akan duduk di kabinet. Sangat penting untuk mendapatkan pembantu-pembantu presiden yang capable dan akseleratif,” jelasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>