Menteri PUPR Sebut Presiden Terpilih Akan Dilantik di IKN 


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Antara)

AKTUALITAS.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengonfirmasi bahwa presiden terpilih tahun 2024 akan dilantik di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Dalam pernyataannya di gedung DPR, Jakarta, hari Selasa (2/4/2024), Basuki mengatakan, “Pelantikan presiden direncanakan di sana.”

Hal ini menjadi sebuah langkah yang sangat penting mengingat IKN merupakan representasi dari visi pemerintah untuk membangun pusat administrasi baru yang lebih merata di seluruh Indonesia.

Hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dengan meraih dukungan sebanyak 96.214.691 suara atau 58,83%.

Pengumuman ini disambut dengan antusiasme tinggi dari berbagai kalangan, menunjukkan harapan besar dari masyarakat terhadap kepemimpinan baru yang akan datang.

Meskipun masih banyak pembangunan infrastruktur yang perlu diselesaikan di IKN, seperti gedung DPR dan DPD yang belum terbangun sepenuhnya, namun target untuk menyelesaikan pembangunan tersebut pada tahun 2025 telah ditetapkan.

Basuki juga menjelaskan bahwa pembangunan gedung Istana Presiden dan Sekretariat Presiden di IKN diperkirakan akan selesai pada Agustus 2024. Hal ini membuka peluang untuk pelaksanaan upacara kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus di IKN.

“Kalau 17 Agustusan di sana (IKN), mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta). 17 Agustus upacara masih di sana,” tambahnya.

Keseluruhan rencana ini memberikan gambaran yang jelas tentang komitmen pemerintah dalam memperkuat struktur administrasi negara serta memajukan daerah-daerah di Indonesia untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah negara. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>