Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China atas Alasan Keamanan Nasional


Tampilan WhatsApp Desktop di perangkat milik Apple. (ANTARA/HO/9to5 Mac)

AKTUALITAS.ID – Pada Jumat (19/4), Apple telah menghapus aplikasi perpesanan terenkripsi end-to-end milik Meta, WhatsApp, dan jejaring sosial berbasis teks serupa Twitter, Threads, dari App Store mereka di China. 

Tindakan ini menyusul perintah pemerintah China yang mengklaim alasan keamanan nasional. Meta konfirmasi penghapusan tersebut namun menolak memberikan rincian lebih lanjut, sementara Apple belum memberikan tanggapan terkait pertanyaan tentang penghapusan tersebut. 

Selain WhatsApp dan Threads, aplikasi perpesanan lainnya seperti Signal dan Telegram juga telah dihapus dari App Store China. 

Presiden Signal, Meredith Whittaker, menyatakan bahwa Signal sudah diblokir di China oleh Great Firewall, sehingga penghapusan dari App Store tidak akan membuat perbedaan signifikan bagi pengguna di China. 

Ini merupakan kejadian terbaru di mana Apple menarik aplikasi berdasarkan permintaan regulator internet China, seperti penghapusan beberapa aplikasi kecerdasan buatan (AI) generatif musim panas lalu dan aplikasi jejaring sosial audio Clubhouse beberapa tahun yang lalu. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>