Connect with us

EkBis

Perjalanan 11 Kereta di Daop 2 Bandung Terganggu Akibat Gempa

Published

on

Kereta Api berjalan di atas jembatan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

AKTUALITAS.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung melaporkan bahwa 11 perjalanan kereta sempat terganggu akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Bandung pada Rabu pagi (18/9). Guncangan gempa berkekuatan 5 magnitudo ini terjadi sekitar pukul 09.41 WIB, sehingga PT KAI langsung mengambil langkah darurat untuk menghentikan sementara operasional kereta demi keselamatan.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, menjelaskan bahwa seluruh perjalanan kereta di wilayah Daop 2 dihentikan melalui mekanisme Berhenti Luar Biasa (BLB) sesaat setelah terjadinya gempa. Langkah cepat tersebut diambil untuk memastikan tidak ada kerusakan pada rel maupun struktur jembatan yang bisa membahayakan perjalanan kereta.

“Upaya ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan agar perjalanan kereta tetap aman dan selamat. Kami harus memastikan bahwa tidak ada kerusakan pada jalur maupun fasilitas lain yang dapat mengganggu operasional kereta,” kata Ayep, Rabu (18/9/2024).

Sebanyak 11 perjalanan kereta yang sempat terganggu akibat gempa, di antaranya:

1. KA PLB 7321 (KA Feeder) di Stasiun Bandung

2. KA 352 (CL Bandung Raya) di Stasiun Ciroyom

3. KA PLB 7320 (KA Feeder) di Stasiun Cimahi

4. KA 342 (CL Bandung Raya) di Stasiun Padalarang

5. KA 52 (KA Argo Parahyangan) di Stasiun Maswati

6. KA D2/11047 (KA Barang Dinas) di Stasiun Cilame

7. KA 267 (KA Cikuray) di Stasiun Maswati

8. KA 363 (CL Bandung Raya) di Stasiun Cicalengka

9. KA 380 (CL Bandung Raya) di Stasiun Rancaekek

10. KA 7048 (KA Papandayan) di Stasiun Kiaracondong

11. KA 386 (CL Garut) di Stasiun Pasir Jengkol

Meski terjadi penghentian sementara, Ayep memastikan bahwa seluruh jalur kereta di Daop 2 Bandung sudah dinyatakan aman untuk dilalui kembali. Setelah dilakukan pengecekan menyeluruh pada jalur dan fasilitas pendukung, perjalanan kereta kembali normal pada pukul 10.32 WIB.

“Syukur alhamdulillah, tidak ditemukan kerusakan pada jalur rel maupun di stasiun akibat gempa. Kami memohon maaf atas keterlambatan perjalanan kereta yang terjadi, namun ini demi keselamatan penumpang,” tambah Ayep.

Dengan upaya cepat PT KAI, seluruh perjalanan kereta api di wilayah Daop 2 Bandung kini berjalan normal, memastikan para penumpang dapat melanjutkan perjalanan mereka dengan aman. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending