Dua Nama Cawagub DKI dari PKS Diajukan ke Anies Bawedan


Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUAITAS.ID – Setelah melalui proses fit and proper test, Partai Gerindra dan Partai PKS telah menyepakati dua nama yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sebagai kandidat calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta.

Dua nama kandidat tersebut akan segera diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebelum diserahkan ke DPRD DKI Jakarta untuk diputuskan dalam sidang Paripurna.

“Bahwa dua nama yang akan disampaikan ke gubernur nanti Insya Allah adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu,” kata Ketua Umum DPW PKS Sakhir Purnomo dalam keterangannya, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Sakhir menjelaskan, dua kandidat tersebut diputuskan setelah melalui proses fit and proper test dan beberapa pengujian serta masukan dari para panelis independen.

“Jadi tidak ada faktor like and dislike tapi memang tiga orang yang baik ini, sudah dilakukan pengujian melalui fit and proper test, FGD, dan terakhir dilakukan pendalaman pada malam Sabtu kemarin. Sehingga insya Allah sudah mewakili harapan dari posisi cawagub yang akan diisi,” ucap dia.

Setelah terpilih dua nama, maka selanjutnya akan segera diajukan kepada Anies Baswedan untuk diteruskan ke DPRD DKI.

“Dua nama tersebut menjadi acuan Gubernur Anies yang nanti suratnya kalau sesuai jadwal kesepakatan adalah hari senin saat ini. Mudah-mudahan bisa diberikan gubernur dan gubernur akan berkirim surat ke DPRD DKI secepatnya,” papar Sakhir.

DPW PKS DKI Jakarta telah mengirimkan surat Penandatanganan Bersama Surat Ajuan dua nama kader PKS sebagai cawagub DKI Jakarta ke Kantor DPD Gerindra DKI Jakarta, pada Ahad malam (10/2/2019). Namun, hingga saat ini belum ada respon dari Gerindra.

“Dan sampai saat ini masih menunggu respon dari pimpinan Gerindra DKI Jakarta,” tegas Sakhir.

Adapun tujuh kriteria yang ditetapkan panelis dalam Focus Group Discussion adalah (1) Integritas, (2) Pengetahuan dan pemahaman terhadap RPJMD, (3) Rekam jejak, (4) Relasi dengan DPRD, (5) Kecocokan dengan gubernur, (6) Memiliki akseptabilitas publik, dan (7) Mampu merepresentasikan partai pengusung.

Diketahui, Agung Yulianto adalah lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Mantan Auditor BPKP dan Direktur PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) yang merupakan salah satu perusahaan Bisnis Halal Network di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal.

Sedangkan, sosok Ahmad Syaikhu memiliki reputasi di bidang pemerintahan, yaitu pernah menjadi Anggota Legislatif DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS 2008-2013 dan menjabat Wakil Walikota Bekasi 2013-2018.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>