Ribuan Mahasiswa Geruduk DPR


Ribuan mahasiswa mulai memadati depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (24/9). Aksi mahasiswa ini untuk mendesak DPR membatalkan revisi UU KUHP dan UU KPK. /AKTUALITAS.ID/Umamah

AKTUALITAS.ID – Gedung DPR RI kembali digeruduk oleh ribuan mahasiswa dari berbagai elemen pada hari ini Selasa (24/9/2019). Kali ini para massa nampak terlihat jauh lebih banyak dibandingkan aksi sebelumnya pada Senin (23/9/2019). Jika kemarin, hanya alinasi mahasiswa se-Jakarta, sedangkan hari ini mahasiswa juga datang dari luar daerah. Seperti mahasiswa dari Bandung dan Semarang.

Aksi mahasiswa ini menolak pengesahan RUU Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang dinilai antidemokrasi dan mencampuri urusan privat warga negara.

Selain itu mereka juga menolak pelemahan KPK dengan meminta DPR mencabut UU KPK yang telah disahkan. Mereka juga meminta agar DPR menunda pengesahan RUU bermasalah lainnya seperti RUU PAS, RUU Minerba, RUU Pertanahan dan RUU Ketenagakerjaan.

Dari pantauan Aktualitas, ribuan mahasiswa ini memadati Jalan Subroto yang tepat di depan Gedung DPR sejak pukul 12.00 WIB. Satu ruas jalan arah ke Grogol dipenuhi massa. Pihak kepolisian pun terpaksa mengalihkan arus lalu lintas.

Massa aksi mulai berkumpul dikawasan Stadion GBK lalu melakukan long march menuju Gerbang Utama DPR. Meraka pun terus meneriakkan yel-yel ataupun menyanyikan lagu nasional sepanjang perjalanan.

Sekitar Pukul 14.00 WIB, ribuan mahasiswa itu telah berkumpul di depan Gerbang Utama DPR. Mereka terus menyanyikan lagu kebangsaan dan sesekali meriakkan “reformasi dikorupsi”, “revolusi”, dan “DPR pekok”. 

Massa aksi yang berkumpul tampak datang dari berbagai universitas. Jika kemarin, hanya alinasi mahasiswa se-Jakarta, sedangkan hari ini mahasiswa juga datang dari luar daerah. Seperti mahasiswa dari Bandung dan Semarang.

Di lain sisi, aparat kepolisian berjaga dari dalam balik pagar DPR. Tampak pasukan Sabhara dengan tameng sudah siap siaga. Selain itu mereka juga membawa sejumlah senjata penembak gas air mata.[Umamah/Rizkydhan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>