Warga Inginkan Risma Mimimpin Kota Pahlawan Seumur Hidup


Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, ( Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Tri Rismaharini alias Risma kadung jadi ikon Kota Surabaya. Karena itu, menjelang masa akhir jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya, tak heran jika banyak warga menginginkan dia memimpin Kota Pahlawan seumur hidup. Sayang, keinginan itu terbentur aturan kepala daerah hanya bisa memimpin dua periode saja.

Pada Minggu, (10/11), ratusan orang dari berbagai elemen melakukan aksi gerakan #RismaSelamanya di area Car Free Day Taman Bungkul Surabaya, Jawa Timur. Mereka melakukan arak-arakan dengan poster #RismaSelamanya dari Jalan Mayangkara sampai Jalan Raya Darmo.

Poster-poster yang dibawa peserta aksi bertulisan kalimat-kalimat yang menarik. Intinya tentang Risma. Seperti, ‘Suroboyo Opo Jare Risma’, ‘Suroboyo tanpa Bu Risma Cuma Remahan Peyek’, ‘Bu Risma Dulu Baru Kamu’, dan ‘Bu Risma Bangunkan Taman di Hati Areknya’.

Selain poster, mereka juga membentangkan spanduk dengan tulisan sama. Gambar wajah Risma terpampang di situ, juga jadi topeng sebagian peserta aksi. Arak-arakan diiringi dengan musik patrol.

“Ini murni didasari pada kecintaan kami akan kepemimpinan Ibu Tri Rismaharini,” kata juru bicara relawan #RismaSelamanya, Indri.

Gerakan tersebut juga semacam sindiran menjelang Pemilihan Wali Kota Surabaya tahun 2020 mendatang. Sebab, kata Indri, sampai saat ini nama-nama yang muncul akan maju di pilwali belum ada sosok yang menyamai Risma.

“Yang muncul di baliho dan pemberitaan sebagai calon walikota kebanyakan amat diragukan kapasitasnya,” kata Indri.

Relawan menyadari Risma tak mungkin lagi menjabat Wali Kota Surabaya. Dia sudah dua periode. Dengan gerakan itu, setidaknya para pengusung dan warga memahami bahwa figur pemimpin Surabaya ke depan harus lebih baik dari Risma, setidaknya menyamai.

“Atau paling tidak kami berharap ada satu sosok yang nantinya ditunjuk oleh bu Risma sendiri,” kata Indri.

Arahan Risma, papar dia, penting karena Walikota Surabaya perempuan pertama itu cinta dan paham akan kota yang dipimpinnya. “Pasti beliau tak mau memberikan jabatannya pada sosok sembarangan. Karena itu, siapapun yang dipilih Risma nantinya pasti adalah calon terbaik untuk Surabaya,” kata Indri.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>