Pulau Rote di Terjang Angin Tornado


Ilustrasi angin kencang,

AKTUALITAS.ID – Angin Cumulonimbus alias tornado menerjang Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Oebafok, Kecamatan Rote Barat Daya, pada Rabu, (4/12), sekitar pukul 12.00 WITA. Angin tersebut membentuk pusaran besar hingga ke permukaan tanah.

Peristiwa tersebut membuat warga panik dan berhamburan meninggalkan lokasi. Mereka mencari tempat yang aman untuk berlindung.

Meskipun demikian, sebagian dari mereka juga ada yang mencoba mendekati lokasi kejadian dan mengabadikan peristiwa alam yang baru pertama kali terjadi di pulau paling luar dari Indonesia tersebut.

Dari video yang diambil oleh salah seorang warga Desa Oebafok, Boniko Ndun, terlihat pusaran angin kencang dengan kumparan awan hitam tebal hingga ke permukaan tanah. Kejadian berlangsung lebih dari setengah jam.

Beruntung, angin tornado itu berpusat di tengah areal persawahan yang belum ditanami dan jauh dari pemukiman warga sehingga tidak ada korban jiwa.

Kepala BPBD Rote Ndao, Deskil Haning, menuturkan sebelum angin tornado menerjang, cuaca Pulau Rote cukup panas. Namun, tiba-tiba warga merasakan hembusan udara yang cukup dingin disertai angin kencang. Kemudian terjadi kumpulan awan hitam pekat dan pusaran angin turun gingga ke permukaan tanah.

Dari data yang berhasil dihimpun, seorang anak berusia 10 tahun atas nama Fia Adoe mengalami luka di kepala akibat terkena batu yang diterbangkan angin tornado itu. Selain itu, beberapa rumah juga mengalami kerusakan terutama di bagian atap.

Hingga kini, BPBD Rote Ndao masih melakukan pendataan akibat terjangan angin tornado tersebut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>