Mulai Lusa, Mahfud MD: Penerbangan Dari dan Menuju China Ditutup


Mahfud MD. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, pemerintah Indonesia akan melarang untuk seluruh penerbangan dari dan ke China. Mahfud mengatakan, kebijakan tersebut mulai diberlakukan lusa, atau tepatnya Selasa 4 Februari 2020.

“China ke Indonesia itu bolak balik mulai Selasa tidak boleh ada penerbangan,” kata Mahfud usai menghadiri giat perayaan Tahun Baru Imlek Nasional yang diselenggarakan MATAKIN di JCC, Senayan, Minggu (2/2/2020).

Mahfud melanjutkan, pemerintah belum menetapkan hingga kapan kebijakan terkait diberlakukan. Namun dia menegaskan sifat kebijakan tersebut hanya sementara saja.

“Pokoknya itu sementara. Penerbangan ditunda dulu sampai dengan ada ketentuan lebih lanjut mulai Selasa besok ya,” tegas Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Indonesia berhasil memulangkan 243 WNI dari Wuhan, China. Mereka langsung mendapat karantina dan diobservasi selama dua pekan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada satu pun dari mereka yang terinveksi Virus Novel Corona.

Siaran pers resmi diterbitkan Kementerian Luar Negeri menyatakan 243 WNI tersebut terdiri dari 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, 1 WNA (suami WNI), serta 5 anggota Tim Aju KBRI Beijing.

Namun jumlah tersebut berbeda dengan total manifest dirilis sebelumnya yang menyatakan ada 245 WNI yang akan dievakuasi pulang ke Indonesia. Rilis Kemeneterian Luar Negeri mengonfirmasi, 7 orang batal ikut misi evakuasi ini.

“Empat orang dikarenakan alasan keluarga sehingga memutuskan untuk menetap di China, sedangkan 3 orang lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan untuk terbang kembali ke Tanah Air,” tulis siaran pers Kemenlu diterima.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>