Dijadwalkan Tanggal 25 Agustus, Ridwan Kamil Bakal Disuntik Vaksin Corona


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil alias Emil dipastikan lolos dalam persyaratan menjadi relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China. Rencananya, Emil akan disuntik vaksin tersebut pada 25 Agustus mendatang.?

Menurut Emil, selain dirinya, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Budi Wiryanto juga menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19.

“Seperti saya laporkan tadi ke Pak KSAD, kami bertiga terjadwal di tanggal 25. Jadi kami akan menjadi relawan di sana bersama masyarakat dan akan dilakukan penyuntikan vaksin,” kata Emil dalam jumpa pers, Jumat (21/8/2020).

Emil berharap proses uji klinis vaksin Covid-19 kali ini berjalan lancar dan tak terkendala. Menurutnya, sudah ada ratusan relawan yang telah disuntik vaksin corona.

“Doakan lancar karena kalau ada reaksi ya kami harus bertanggung jawab dan menjadi kesaksian. Sampai sejauh ini sudah berjalan dan jumlahnya ratusan (disuntik), semuanya lancar,” ujarnya.

Sebelumnya, PT Bio Farma melakukan uji klinis vaksin Covid-19 fase III buatan Sinovac asal China di Bandung, Jabar. Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang farmasi itu bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unpad dalam melaksanakan pengujian vaksin.

Untuk pelaksanaan uji klinis vaksin di Bandung dibutuhkan sekitar 1.620 relawan dengan rentang usia antara 18 hingga 59 tahun. Selain berdomisili di Bandung, calon relawan juga harus dinyatakan lolos verifikasi kesehatan fisik dan tidak terpapar Covid-19.

Adapun penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19 di antara para relawan dilakukan secara acak dan rahasia. Ada yang diberikan vaksin atau plasebo. Tidak diketahui apakah mereka mendapat cairan vaksin yang sedang diuji klinis fase III atau hanya plasebo sebagai alat kontrol.

Proses uji klinis vaksin Covid-19 tersebut akan berjalan selama enam bulan hingga akhir tahun 2020. Jika telah teruji dan mendapat izin edar, vaksin Sinovac akan diproduksi massal pada awal 2021.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>