Tokoh Papua Minta Jokowi Segera Tarik Label Teroris Terhadap KKB


AKTUALITAS.ID – Tokoh Papua Titus Pekei meminta Presiden Joko Widodo segera menarik label teroris terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Titus adalah salah satu sosok yang mengajukan ke Unesco aga menetapkan noken Papua sebagai warisan budaya dunia.

Titus cemas rakyat Papua akan menjadi korban jika label teroris terhadap KKB tidak dicabut oleh pemerintah Indonesia.

“Segera tarik label teroris karena tidak sesuai dengan visi perjuangan. Agar tidak korbankan masyarakat setempat yang hidup tenang selama ini,” kata Titus melalui keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Ketimbang memberikan label teroris dan mengirim pasukan militer ke Papua, pemerintah disarankan segera melakukan dialog damai tanpa kekerasan. Titus menyebut selama ini pemerintah dan OPM belum pernah menempus jalan dialog.

Menurutnya, label teroris terhadap KKB OPM salah alamat. Titus menyebut OPM bukan teroris seperti kelompok ISIS di Timur Tengah. OPM kata Titus adalah sekelompok tentara yang berjuang untuk Pembebasan Papua.

“Presiden Jokowi sebagai presiden (harusnya) memahami secara jernih tanpa labelisasi,” kata dia.

“Bahkan melabelkan KKB OPM sebagai teroris berarti melabelkan pulau, tanah Papua karena mereka adalah Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM),” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>