Al Haris Minta PPDB Dilakukan Objektif Berdasarkan Kemampuan


Gubernur Jambi Al Haris

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jambi Al Haris, meminta kepada Kepala Sekolah SMA/SMK se- Provinsi Jambi untuk objektif dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Saat ini kita mulai babak baru penerimaan PPDB tahun 2023/2024, setiap tahun kita berusaha memperbaiki kualitas dan sistem penerimaan siswa. Disini kita tidak saja memperbaiki kualitas saja, tetapi kesadaran masyarakat kita untuk masuk sekolah secara benar, teratur, secara konsekwen yang akan kita tegakkan,” ujar Gubernur Al Haris, Selasa (6/6/23).

Dirinya mengatakan, penerimaan PPDB harus dilakukan sesuai dengan kemampuan siswa-siswi itu sendiri. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap tahunnya SDM di Provinsi Jambi bisa terus diperbaiki dan bisa bersaing dengan pelajar di luar Provinsi Jambi seperti di Jawa.

“Untuk saat ini masih minim putra-putri kita kuliah di daerah luar provinsi, karena SDM masih rendah, untuk itu harus dibenahi dari sekarang,” katanya.

Pemerintah Provinsi Jambi, kata Al Haris, dalam PPDB akan menegakkan aturan yang sesuai dengan sistem penerimaan. Agar nantinya masyarakat mendapatkan edukasi dan berperan aktif, berpartisipasi aktif mendukung kebijakan pemerintah untuk PPDB yang bersih.

“Tidak ada lagi embel-embel uangnya, dengan tidak adalagi pihak-pihak lain yang berusaha memasukkan orang pakai uang kesekolah tersebut. Tujuan kita adalah agar peningkatan SDM Provinsi Jambi yang handal dan berkualitas siap bersaing dengan dunia luar,” tegasnya.

Selain itu, Haris juga mengingatkan agar disetiap PPDB selalu melakukan evaluasi agar kedepannya menjadi lebih baik.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan PPDB setiap tahunnya menjadi pembelajaran dan renungan bagi kita bersama, untuk berbenah menjadi lebih baik, demi pelaksanaan penerimaan peserta didik yang berkualitas, senantiasa lebih baik, tertib dan lancar sebagai sebuah langkah untuk mewujudkan layanan pendidikan di Provinsi Jambi yang unggul dan berkualitas,” harapnya.

Dirinya menambahkan, tujuan pendidikan lebih dari sekadar menyelesaikan kurikulum tepat waktu dengan prestasi siswa-siswi yang bisa diukur dengan angka. Alasan adanya pendidikan lebih dari itu.

“Kita bersama bagaimana menghasilkan manusia yang memiliki kemampuan mengenali dan menguasai dirinya sekaligus mampu mengabadikan dan menerapkan keilmuannya untuk tujuan kebaikan Bersama,” ucapnya

“Mari berkolaborasi dan bersinergi menyiapkan anak-anak generasi muda agar mampu menjawab semua tantangan, meraih kesempatan yang ada, menjadi generasi penerus yang siap mengambil peran untuk membawa diri dan bangsanya ke peradaban yang jauh lebih baik,” pungkas Gubernur. [Muslami Effendi/Kiki Budi Hartawan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>