Menpora Dukung Olahraga Stand Up Paddle Berkembang dan Berprestasi di Tanah Air


AKTUALITAS.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendukung olahraga stand up paddle untuk lebih berkembang dan populer di Tanah Air. Tak hanya itu, diharap olahraga air ini juga bisa menciptakan prestasi.

“Ini merupakan suatu perkembangan yang baik, banyak peminatnya. Semua antusias dan bisa dibawa ke jalur prestasi,” kata Menpora Dito di Jetski Academy Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (16/9).

Menpora Dito mengaku sudah mengenal olahraga stand up paddle sejak lama. Tepatnya pada 2019 silam. Menurutnya, komunitas dari olahraga tersebut sangat banyak dan tersebar diberbagai daerah.

“Tadi saya dapat informasi bahwa stand up paddle ini akan mengikuti ajang kompetisi di Thailand. Kemudian juga akan dipertandingkan di PON Aceh-Sumut. Semoga bisa sukses,” ujar Menpora Dito.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budiman Setiawan menyampaikan bahwa stand up paddling nantinya akan mengikuti International Canoe Federation (ICF) Stand Up Paddling World Championship di Thailand pada November 2023.

Rencananya akan ada 8 atlet yang ikut bertanding nantinya dalam kejuaraan tersebut. Adapun nomor pertandingan yang diikuti adalah sprint, distance, dan juga technical race.

Selain itu, Budiman menjelaskan jika stand up paddle akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumut. Pada Desember 2023 akan digelar babak kualfikasi menuju pesta olahraga nasional di kawasan Ancol, Jakarta. Sekitar 28 kontingen dari masing-masing daerah akan mengikui kualifikasi tersebut.

“Jadi kami sampaikan terima kasih kepada pak Menpora yang sudah mendukung dan mencoba olahraga stand up paddle ini. Stand up paddle dibawah naungannya PB PODSI. Mohon doanya agar nanti bisa sukses di kejuaraan di Thailand. Kemudian juga kami menyambut baik promosi stand up paddle di PON nanti,” terangnya.

Stand up paddle merupakan olahraga mendayung pada platform mengambang berupa papan dengan bantuan dayung. Aktivitasnya bisa dilakukan di laut, danau, ataupun sungai. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>