Cara Alami Mengusir Tokek Dengan Mudah


Cara alami mengusir Tokek . (ist)

AKTUALITAS.ID – Mengusir tokek tidak semudah mengusir cicak. Pasalnya, tokek memiliki ukuran tubuh yang besar dan tidak terlalu gesit. Jika seekor tokek sudah merasa betah di sebuah tempat, maka ia bisa menetap di tempat tersebut selama berhari-hari hingga berbulan-bulan.

Tokek yang menetap di rumah akan menimbulkan suara yang cukup keras. Belum lagi jika kotoran tokek tersebut mengotori rumah.

Di Indonesia sendiri, keberadaan tokek dikelilingi oleh banyak mitos. Salah satu yang paling tersohor adalah gigitan tokek yang tak bisa lepas dari tangan.

Berikut beberapa cara alami mengusir tokek di rumah, merangkum berbagai sumber.

  • Pakai kulit telur

Kulit telur diyakini bisa bikin tokek ketakutan. Keberadaan kulit telur membuat tokek menganggap wilayah tersebut tidak aman.

Anda bisa menyebar kulit telur yang dipecah-pecah di area tokek berada. Ganti kulit telur setiap 3-4 hari agar tetap segar.

  • Pakai sambal

Tokek bisa mengalami iritasi jika terkena senyawa capsaicin. Capsaicin adalah senyawa yang terdapat pada cabai, yang menimbulkan rasa pedas.

Encerkan saus sambal atau merica dengan air, lalu semprotkan di area tokek berada.

  • Kopi dan tembakau

Campuran kopi dan tembakau diklaim bisa mengusir, bahkan membunuh tokek.

Campurkan ampas kopi dengan bubuk tembakau dan linting menjadi pelet kecil. Jadikan pelet tersebut sebagai pemancing tokek.

Setelah menggigit campuran tersebut, tokek akan kesakitan. Pasalnya, tembakau diketahui sangat beracun bagi tokek.

Itulah beberapa cara mengusir tokek di rumah yang bisa Anda coba. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>