Kemenko PMK Apresiasi Peran Muhammadiyah Lakukan Pembinaan Desa di Papua


Warga Kampung Warman Kokoda yang berlokasi di Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. (Foto Humas)

AKTUALITAS.ID – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan kunjungan ke Kampung Warman Kokoda yang berlokasi di Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, pada Jumat (24/11).

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sorni Paskah Daeli menyampaikan apresiasinya kepada Kampung Warman Kokoda yang telah berupaya menjadi desa mandiri melalui pembinaan yang dilakukan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah.

“Saya sangat yakin akan kemampuan dari desa ini untuk mengelola potensinya sendiri, terlebih dibina oleh PP Muhammadiyah,” ujar Sorni.

Sorni menambahkan, setiap desa kini juga telah dibekali dengan Dana Desa oleh pemerintah pusat yang dikucurkan setiap tahun sebagai modal untuk mengembangkan potensi desa. Sorni mendorong pemerintah desa untuk dapat memanfaatkan dana tersebut agar menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Dana Desa dapat direncanakan untuk hal-hal yang diperlukan oleh masyarakat melalui mekanisme musyawarah desa, sehingga, nantinya hal-hal yang tadinya masih kurang, dapat terpenuhi untuk kesejahteraan masyarakat desa,” imbuh Sorni.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya dihari yang sama Presiden Joko Widodo telah meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Umat (RS PKU) Muhammadiyah yang diprakarsai oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang berlokasi tidak jauh dari Kampung Warman Kokoda. 

Sementara itu, sebagai bentuk perhatian Kemenko PMK juga telah mengirimkan paket bantuan sembako yang berjumlah kurang lebih sebanyak 300 paket untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kampung Warman Kokoda. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>