LDII Ingatkan Politik Uang Jelang Pemilu 2024


Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), KH Chriswanto Santoso. (Dok. Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), KH Chriswanto Santoso menginkan para elit politik agar tidak merebut hati rakyat dengan uang, tapi atas dasar kemampuan, kebijaksanaan, integritas, dan program kerja.

“Pemenang adalah mereka yang terbaik bukan karena uang. Mereka yang bukan terbaik, biasanya menggunakan segala cara cara untuk menang seperti adu domba, fitnah, dan membelah persatuan kesatuan bangsa,” kata KH Chriswanto dalam pernyataannya menjelang Pemilu 2024, di Jakarta, Selasa  (28/11/2023).

Biasanya jelang Pemilu 2024, politik uang ini selalu hadir dalam pesta demokrasi 5 tahunan.

Ia menjelaskan biaya politik yang tinggi,  mengakibatkan politik uang masih terjadi.

Politik uang inilah, yang ia sebut sebagai biang keladi demokrasi Indonesia hanya sebatas prosedur bukan substantif.

Ia berharap, jangan sampai cita-cita luhur para pendiri bangsa mengenai persatuan dan kesatuan, hancur karena Pemilu yang lima tahun sekali.

“Persatuan dan kesatuan bangsa ini, juga merupakan harapan umat Islam di Indonesia. Untuk itu, kita memiliki kewajiban yang sama menjaga Indonesia, juga mengingatkan para elit politik dan siapapun agar tidak memecah belah bangsa,” tegasnya.

Dalam alam demokrasi yang bebas ini, segala aturan untuk mempengaruhi prosedur demokrasi bisa saja terjadi.

Tapi, di atas segala-galanya, menurut KH Chriswanto, para elit politik harus mengingat bahwa di dalam kebebasan itu terdapat virtue atau kebajikan, bahkan kebijaksanaan.

“Dengan demikian demokrasi bisa tetap menghargai kebebasan individu, namun juga membawa kemaslahatan besar pada banyak orang,” pungkasnya.  (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>