Indonesia Berpeluang Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Usai Tajikistan dan Qatar Raih Kemenangan 


Tajikistan Melaju ke 16 Besar Piala Asia 2023 dengan Kemenangan Dramatis Atas Lebanon. (Foto: AFP)

AKTUALITAS.ID – Timnas Indonesia buka peluang lolos ke babak 16 besar, usai tim debutan Tajikistan berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Lebanon dalam pertandingan penutup Grup A di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, pada hari Senin.

Tajikistan, yang tertinggal lebih dulu karena gol Bassel Jradi pada menit ke-47, bangkit setelah Lebanon harus bermain dengan 10 pemain akibat kartu merah yang diterima Kassem El Zein pada menit ke-55. Keunggulan jumlah pemain ini dimanfaatkan dengan baik oleh tim asuhan Peter Segrt.

Parvizdzhon Umarbaev menjadi pahlawan ketika tendangan bebasnya pada menit ke-80 gagal diamankan oleh kiper Lebanon Mostafa Matar, membawa Tajikistan menyamakan kedudukan. Momentum ini kemudian dimanfaatkan Tajikistan untuk membalikkan keadaan.

Kemenangan dramatis akhirnya dipastikan oleh Nuriddin Khamrokulov yang masuk sebagai pemain pengganti. Tandukannya memanfaatkan umpan Ekhson Pandzhshanbe pada menit ke-90+2 membuat Matar kembali memungut bola dari gawangnya.

Sementara itu, juara bertahan Qatar menutup babak penyisihan grup dengan kemenangan sempurna setelah mengalahkan China 1-0 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan. Gol spektakuler oleh Hassan Al-Haydos pada menit ke-66 menjadi penentu kemenangan bagi tuan rumah.

Kekalahan China membuat mereka berada di posisi ketiga Grup A dengan 2 poin, menunggu hasil dari grup lain untuk menentukan kelolosan mereka ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Kombinasi hasil di Grup A ini menguntungkan timnas Indonesia yang saat ini berada di posisi dua klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023. Tim Garuda, yang akan bermain melawan Jepang pada Rabu, saat ini mengoleksi tiga poin, berada di bawah Bahrain yang mencatat torehan angka, selisih gol, dan produktivitas serupa, namun lebih unggul dalam aspek disciplinary points.

China, yang berada di posisi ketiga klasemen peringkat tiga terbaik dengan dua poin, berada dalam posisi yang rawan karena sejumlah tim pesaing masih menyisakan satu pertandingan lagi. Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk melaju ke babak 16 besar, sebuah prestasi yang akan menandai kemajuan signifikan bagi sepak bola nasional. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>