KPU: Distribusi Logistik Pemilu Capai 98 Persen 


Ilustrasi. Gedung Komisi Pemilihan Umum RI (IST)

AKTUALITAS ID – Saat ini, distribusi logistik pemilu di seluruh Indonesia sudah mencapai 98 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari mengatakan sekarang ini sudah mulai dilakukan penyortiran logistik di tiap wilayah.

“Dikatakan sudah 98 persen sudah disortir. Sudah dilipat dan sudah siap untuk masuk packing di kotak suara sesuai dengan alamat TPS masing-masing,” katanya kepada wartawan di KPU RI, Senin (22/1/2024).

Lebih lanjut, Hasyim memastikan sejauh ini berdasarkan pengamatan, suasana di tiap TPS wilayah dalam keadaan tenang.

“Kalau kita tanya ya temen temen KPU, Kabupaten, Kota, kalau kita tanya suasana kebatinannya sudah relatif tenang,” kata dia.

“Karena berbagai macam logistik terutama surat suara sudh diterima dan sudah dilakukan sortir dan pelipatan,” sambung Hasyim.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan pengiriman logistik pemilu untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah mencapai 100 persen.

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan jika pemenuhan logistik pemilu berdasarkan numla DPT ini merupakan tahap satu yang diputuskan berdasarkan Keputusan KPU Nomor 857 Tahun 2023.

“Presentase penggunaan logistik Pemilu untuk tahap 1 ini sampai dengan tanggal 4 Januari 2024 pukul 22.00 WIB, produksinya sudah memenuhi semuanya yaitu sebesar 100 persen sudah terpenuhi,” katanya.

Adapun pemenuhan logistik pemilu tahap satu ini terdiri dari beberapa item diantaranya yakni surat suara dan formulir perhitungan dan rekapitulasi.

Yulianto menambahkan pengiriman logistik Pemilu tahap satu ini juga dipastikan telah tersalurkan seluruhnya.

“Kemudian penerimaan di gudang KPU Kabupaten Kota juga sudah 100 persen terpenuhi,” katanya

“Artinya untuk logistik untuk tahap 1 terdiri beberapa item yang saya sampaikan tersebut di atas sudah 100 persen terpenuhi dan sudah 100 persen terkirim di seluruh gudang-gudang KPU Kabupaten Kota seluruh Indonesia,” tambah Yulianto.

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan presentase pemenuhan logistik tahap dua, hingga tanggal 4 Januari 2024 telah mencapai 85 persen.

“Kemudian pengirimannya mencapai sebesar 55 persen, dan sudah 30 persen terkirim sampai di seluruh gudang-gudang KPU Kabupaten Kota,” tuturnya.

Khusus untuk logistik tahap kedua, terdapat berbagai komponen seperti surat suara, formulir, dan sebagainya yang menjadi dasar penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk DPR, DCT DPRD Provinsi, DCT DPRD Kabupaten/Kota, serta daftar calon presiden dan wakil presiden.

Logistik tahap kedua ini melibatkan distribusi satu surat suara untuk presiden dan wakil presiden, diikuti dengan surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi, serta surat suara DPRD Kabupaten atau Kota.

Sementara distribusi tahap satu dipastikan telah tersalurkan 100 persen. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>