Banjir Pesisir Selatan, Kerugian Ekonomi Mencapai Rp170,4 Miliar


Kondisi pascabanjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. (BPBD Sumbar).

AKTUALITAS.ID – Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dilanda bencana banjir bandang dan tanah longsor yang mengakibatkan kerugian besar. 

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rudy Rinaldi, kerugian diperkirakan mencapai Rp170,4 miliar, berdasarkan hasil penghitungan sementara BPBD Pesisir Selatan.

“Angkanya masih bisa berubah karena ini baru penghitungan sementara,” kata Rudy Rinaldi.

Bencana tersebut telah menelan korban jiwa sebanyak 16 orang, sementara 7 orang masih dalam pencarian. Selain itu, 16 unit jembatan di beberapa kecamatan rusak total, mengganggu aksesibilitas di daerah tersebut. Meskipun demikian, akses jalan lintas Sumatera Bengkulu-Padang melalui Pesisir Selatan mulai pulih dan dapat dilalui dengan sistem buka tutup.

“Gubernur Sumbar, Mahyeldi, telah melakukan beberapa kali rapat dengan pihak terkait untuk mempercepat pemulihan objek vital,” kata Rudy Rinaldi.

Sebanyak 355 meter jalan juga rusak akibat bencana ini, sementara 650 unit rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga berat dari sekitar 25.700 rumah yang terendam banjir.

“Bantuan kemanusiaan dari pemerintah, swasta, dan masyarakat juga sudah mengalir ke Pesisir Selatan,” tambah Rudy Rinaldi.

Situasi ini menunjukkan kebutuhan mendesak akan dukungan dan koordinasi yang kuat dalam upaya pemulihan. Pencarian korban yang masih hilang serta perbaikan infrastruktur menjadi prioritas utama dalam mengatasi dampak bencana ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>