Menkeu Mengapresiasi Kenaikan Pelaporan SPT Pajak Mencapai 9,6 Juta Orang


Menteri Keuangan Sri Mulyani (dok: ist)

AKTUALITAS.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambut dengan gembira peningkatan jumlah pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) yang mencapai 9.601.041 orang hingga pukul 23.00 WIB Kamis (21/3/2024). 

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa angka tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 7,7% dibanding tahun sebelumnya.

“Ini adalah suatu hal baik dan kami dari sisi Kemenkeu Ditjen Pajak sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah melaporkan SPT, yang pendapatannya di atas tidak kena pajak,” ujar Sri Mulyani di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Ia juga mengimbau agar masyarakat segera melaporkan SPT pajak tahunan sebelum batas waktu akhir pada 31 Maret 2024 mendatang, terutama bagi mereka yang memiliki pendapatan di atas batas tidak kena pajak sebesar 54 juta per tahun.

“Hari ini presiden dan wapres saja telah melakukan kewajiban tersebut dan tadi disampaikan dalam bentuk penyerahan elektronik. Untuk tahun ini masih ada sembilan hari ke depan untuk melaporkan secara elektronik dan tak perlu ke kantor pajak,” tambahnya, menekankan kemudahan pelaporan secara elektronik yang dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut serta dalam pelaporan SPT PPh secara simbolis di Istana Negara Jakarta, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mematuhi aturan perpajakan. Jokowi melaporkan SPT PPh secara online dengan bimbingan dari Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo.

Bagi masyarakat yang masih membutuhkan bantuan atau informasi terkait pelaporan SPT pajak tahunan, Sri Mulyani mengajak untuk langsung bertanya kepada Dirjen Pajak Kemenkeu, menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan bantuan dan pemahaman yang diperlukan dalam menjalankan kewajiban perpajakan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>