Aktivitas Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Normal Pasca Erupsi Gunung Ruang


Aktivitas di Bandara Sam Ratulangi kembali normal, di Manado, Minggu (5/5/2024). (Foto: Antara).

AKTUALITAS.ID – Pada Minggu (5/5/2024), Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut), telah kembali beroperasi normal setelah ditutup akibat sebaran abu vulkanik dari Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Maya Damayanti, General Manager Bandara Samrat, menyatakan bahwa bandara kembali beroperasi berdasarkan notam dengan nomor A1206/24 NOTAMC A1203/24.

Sebanyak 19 pesawat Lion Air telah melakukan rute pulang-pergi (PP) pada hari ini. Selain itu, terdapat juga dua jadwal penerbangan maskapai Transnisa ke Sorong dan Ambon, maskapai Garuda ke Jakarta, serta Citilink ke Jakarta.

Gunung Ruang, dengan ketinggian 725 meter di atas permukaan laut, telah mengalami serangkaian erupsi. Erupsi terakhir terjadi pada tanggal 16 April 2024, setelah sebelumnya tercatat pada tahun 2002.

Meskipun erupsi Gunung Ruang terjadi secara periodik sejak abad ke-19, setiap letusan masih menyebabkan awan panas. Masyarakat di sekitar gunung ini disadari akan karakteristiknya yang cenderung mengeluarkan awan panas.

Dengan kondisi normalnya operasional Bandara Sam Ratulangi Manado, diharapkan dapat mengurangi dampak dari erupsi Gunung Ruang terhadap aktivitas penerbangan dan masyarakat sekitar. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>