Connect with us

Berita

Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF U-16 usai Menang Telak atas Laos

Published

on

AKTUALITAS.ID – Timnas Indonesia U-16 menunjukkan penampilan gemilang dengan mengalahkan Laos 6-1 dalam laga penentuan juara Grup A di Stadion Manahan, Solo, Kamis malam. Kemenangan ini memastikan Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-16 dengan perolehan poin sempurna, 9 poin dari tiga pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan kejutan ketika Laos berhasil mencetak gol cepat melalui tendangan penalti Phayal Shipanom pada menit ke-5, membuat Indonesia tertinggal 0-1. Meski sempat tertekan, Timnas U-16 Indonesia tidak menyerah dan terus mencoba membongkar pertahanan Laos.

Laos hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-18, namun tendangan Daophahad Kamkasomphou yang sudah terbebas di depan gawang masih melambung tinggi. Kesempatan emas ini gagal dimanfaatkan oleh Laos, memberikan peluang bagi Indonesia untuk bangkit.

Pada menit ke-23, Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Zahaby Gholy. Skor berubah menjadi 1-1, memberikan angin segar bagi pasukan Nova Arianto.

Tak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk berbalik unggul. Enam menit kemudian, Tristan Raissa Ibrahim mencetak gol kedua melalui sundulan yang memanfaatkan umpan sepak pojok. Gol ini membuat Indonesia unggul 2-1.

Kepercayaan diri pemain Indonesia semakin meningkat. Pada menit ke-38, Josh Holong memperlebar keunggulan menjadi 3-1 setelah memanfaatkan umpan ke dalam dengan baik. Memasuki menit akhir babak pertama, kapten tim Putu Panji mencetak gol yang membawa Indonesia unggul 4-1 saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia terus mendominasi permainan. Hanya dalam waktu lima belas menit setelah babak kedua dimulai, Josh Holong kembali mencetak gol keduanya dengan tendangan kanan keras, mengubah skor menjadi 5-1.

Pasukan Nova Arianto semakin leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki, menunjukkan kualitas permainan yang impresif. Puncaknya, kemenangan Indonesia ditutup dengan gol pemain pengganti, Mierza Firjatullah, yang mencetak gol keempatnya di Piala AFF U-16 pada menit ke-79.

Sisa waktu pertandingan tidak menghasilkan gol tambahan, sehingga skor akhir tetap 6-1 untuk kemenangan Indonesia. Hasil ini mengukuhkan posisi Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan poin sempurna.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 melaju ke semifinal Piala AFF U-16 yang akan dimainkan pada Senin, 1 Juli 2024. Perjalanan luar biasa ini memberikan harapan besar bagi Indonesia untuk meraih gelar juara di turnamen ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Nur Ichsan, Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji, Mathew Ryan Baker, Zahaby Gholy, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Fabio Azkairawan, Tristan Raissa Ibrahim, Raihan Apriansyah Sudrajat, Josh Holong Junior

Pelatih: Nova Arianto

Laos: Thitsakhone Sumlivongvath, Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Sikanda Xaisongkham, Daophahad Kamkasomphou, Phayak Siphanom, Binly Donsanouphit, Ki Mounkanyah, Sayyavath Vansavath, Xayyasith Chitpasong, Phoutthasak Sihakhot

Pelatih: Kanlaya Sysomvang.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending