DPR Imbau Kemenlu Terbitkan Nota Protes KRI Tjiptadi-381


Insiden penabrakan kapal oleh kapal Vietnam. Foto: ist

AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR Satya Widya Yudya mendorong Kementerian Luar Negeri menyampaikan nota protesnya kepada Kemenlu Vietnam. Protes tersebut terkait penabrakan Kapal pengawas perikanan Vietnam ke KRI Tjiptadi-381 yang sedang melakukan patroli menangkap kapal illegal fishing di Natuna Utara.

“Harus segera diselesaikan melalui meja perundingan atau diplomasi. Menlu bisa mengeluarkan nota protes. Terlebih menyangkut batas-batas wilayah negara,” kata Satya Widya Yudha dalam rilis yang diterima Aktualitas.id , Senin, (29/4/2019).

Menurut Satya dari konfirmasi yang diterima dari Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, pihak Vietnam juga mengklaim perairan tersebut adalah wilayah miliknya.

Peristiwa tersebut tentu saja disesalkan oleh Satya mengingat Indonesia dengan Malaysia adalah negara dalam ASEAN yang ikut dalam perjanjian Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE).

Salah satu aturan ZEE tersebut adalah batasan 200 mil dari garis pantai adalah hak dari negara yang memiliki garis pantai tersebut. Kalau dari landasan kontinen dan laut lepas Natuna Utara adalah milik Indonesia.

“Harus kita investigasi bahwa tabrakan ini murni karena teknis atau kesengajaan. Vietnam dan Indonesia sesama anggota Asean dan ikut dalam pengamanan perairan regional. Apabila kapal vietnam tersebut masuk wilayah perairan indonesia maka perlu kita berkan teguran,” imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya,Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulis menjelaskan, saat itu KRI Tjiptadi-381 melakukan penegakan hukum terhadap kapal ikan Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

Kapal tersebut dikawal oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam/Coast Guard Vietnam. Kapal tersebut kemudian berusaha untuk menghalangi proses penegakan hukum dan kedaulatan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 dengan memprovokasi melalui usaha mengganggu proses penegakan hukum dan kedaulatan dengan cara menumburkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381. [RED]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>