Apple Bakal Rombak Ulang Fitur Kamera di iPhone 12


Ilustrasi Iphone, (Foto: Ist)

Apple kemungkinan bakal merombak ulang fitur kamera untuk iPhone 12 yang meluncur tahun depan. Raksasa teknologi asal AS ini menjanjikan kamera yang lebih canggih dibandingkan smartphone yang mereka buat tahun ini.

Mengutip DigiTimes, Apple akan membenamkan image stabilization solution yang lebih mumpuni untuk lini iPhone 12. Teknologi ini sebenarnya bukan hal baru di dunia fotografi, namun, cukup jarang dipakai di perangkat smartphone.

Image stabilization solution berbeda dengan optical image stabilization (OIS) yang selama ini dipakai di gawai buatan Apple. Mereka akan mengganti OIS dengan perangkat keras sensor-shift.

OIS bergerak di sekeliling lensa untuk menangkap pergerakan di luar, sementara sensor-shift menggerakan sensor kamera. Hasil gambar sensor-shift tidak jauh berbeda dengan OIS, namun, ukuran perangkat keras lebih kecil dan bahkan lebih murah.

Jika memakai sensor-shift, Apple bisa menghemat ruang sekaligus menurunkan biaya produksi.

Perbedaan lainnya, lensa yang dipasang di smartphone harus cocok dengan OIS. OIS tidak berpengaruh untuk lensa utama dan telephoto, namun, untuk lensa ultra-wide-angle akan sulit untuk stabil.

Sementara sensor-shift hanya bergantung pada sensor, dapat dipasangkan dengan lensa apa pun. Sensor-shift juga berfungsi dengan baik untuk berfoto di tempat redup dan untuk merekam video.

Apple juga merencanakan sistem 3D sensing yang lebih bagus untuk Face ID, diperkirakan akan dipasang di iPhone 12 versi Pro.

Sistem ini akan diperkenalkan terlebih dahulu di iPad Pro 2020 yang bakal meluncur Maret mendatang.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>