Usai Ledakan Tambang Emas di China, 22 Orang Terjebak


Ilustrasi tambang emas. 22 penambang emas China terjebak di bawah tanah. /Pixabay/ Darius Sanzkowski

Sebanyak 22 penambang terperangkap di bawah tanah selama hampir dua hari setelah ledakan terjadi di sebuah tambang emas yang tengah dibangun di timur China.

Ledakan itu terjadi pada Minggu (10/1) sore di sebuah tambang di kota dekat Kota Qixia, timur Provinsi Shandong.

Pihak berwenang China mengatakan ledakan itu merusak situs tambang sangat parah seperti jalan keluar tambang hingga sistem komunikasi sehingga aparat tidak dapat menghubungi para penambang yang terjebak di bawah tanah.

Dilansir AFP, pihak berwenang China dilaporkan telah mengirim tim penyelamat ke situs tambang yang dimiliki oleh Shandong Wucailong Investment Co. Ltd itu.

Ini bukan kecelakaan tambang yang pertama terjadi di China. Kecelakaan serupa cukup sering terjadi di Negeri Tirai Bambu.

Catatan keselamatan pertambangan China memang dikenal buruk. Banyak proyek tambang di China yang tidak mengindahkan aturan pemerintah.

Pada 23 Desember lalu, sejumlah penambang tewas setelah terperangkap di sebuah tambang emas di barat daya Kota Chongqing.
Lihat juga: 4 TKA China Diculik dari Lokasi Tambang di Nigeria

Beberapa bulan sebelumnya, 16 orang meninggal akibat keracunan karbon monoksida setelah terperangkap di situs tambang batu bara di kota yang sama.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>