Jelang Bertemu Biden di Washington, PM Jepang Divaksin Corona


Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga melambai setelah debat yang diselenggarakan oleh Partai Demokrat Liberal (LDP), Biro Pemuda dan Biro Perempuan di markas LDP di Tokyo, Jepang 9 September 2020. [Philip Fong / Pool via REUTERS]

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga melakukan vaksinasi virus corona (Covid-19) dosis pertama pada Selasa (16/3).

Vaksinasi dilakukan menjelang pertemuan Suga dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Washington D.C, pada April mendatang.

Selain Suga, sekitar 80-90 pejabat dan staf yang akan ikut Suga ke Washington juga turut divaksin corona.

“Tidak sakit,” kata Suga kepada wartawan di Tokyo usai disuntik vaksin seperti dikutip AFP.

Suga akan menjadi pemimpin negara pertama yang bertemu dengan Biden sejak ia resmi menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari lalu.

Sementara itu, Jepang memulai vaksinasi virus corona pada Februari lalu dengan mengimpor vaksin buatan perusahaan AS, Pfizer-BioNTech.

Menteri yang bertanggung jawab atas vaksinasi nasional, Taro Kono, mengatakan sejauh ini inokulasi vaksin diprioritaskan bagi petugas kesehatan dan warga berusia di atas 65 tahun.

Kono mengatakan Kaisar Jepang Naruhito yang masih berusia 61 tahun juga tetap menunggu giliran vaksin. Namun, sang ayah, mantan Kaisar Akihito, termasuk kategori warga yang menjadi prioritas divaksin saat ini.

Pemerintahan Suga sejauh ini telah berjanji akan mengamankan dosis vaksin yang cukup bagi 126 juta penduduk Jepang hingga Juni mendatang, tepatnya sebelum Olimpiade Tokyo dimulai pada 23 Juli

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>