TNI AL Ungkap Hambatan Tim Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402


AKTUALITAS.ID – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama Julius Widjojono mengungkapkan, hambatan yang dialami tim mencari kapal selam KRI Nanggala 402. Salah satunya karena alat yang dimiliki kurang memadai mengarungi kedalaman perairan.

“Untuk kesulitan teknis, untuk penemuan titik kapal selam itu belum ada,” katanya di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (23/4/2021).

Dia mengatakan, itulah perlunya keterlibatan negara-negara sahabat seperti Singapura. Negara itu mengerahkan Kapal Rescue MV Swift yang dijadwalkan tiba Sabtu, 24 April 2021.

“Kenapa tadi disebutkan detail unsur dari Singapura, karena mereka memiliki suatu peralatan yang mampu untuk mencapai kedalaman tersebut,” ujarnya.

Namun, Julius menyampaikan, semua peralatan dimiliki telah diterjunkan untuk menyusuri keberadaan kapal selam KRI Nanggala 402. Dia menerangkan, butuh waktu untuk menemukan lokasi persisnya.

“Ada Basarnas, Polri dan unsur lain. Namun, untuk menemukannya masih butuh waktu,” tutupnya.

Sebelumnya, Kapal selam KRI Nanggala 402 hilang kontak di perairan Bali, Rabu pagi 21 April 2021. Kapal selam Nanggala hilang kontak saat persiapan latihan tempur di perairan Bali. Kontak terakhir dengan KRI Nanggala 402 saat perintah peluncuran torpedo.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>