Jerman Tetapkan Ormas Islam Ansaar International Jadi Organisasi Terlarang


Bendera Jerman(iStockphoto/ricul)

Pemerintah Jerman menetapkan organisasi masyarakat (ormas) Islam, Ansaar International, sebagai lembaga terlarang karena dituduh terlibat dalam membiayai aksi terorisme.

Dilansir Reuters, Kamis (6/5), keputusan itu disampaikan pemerintah Jerman pada Rabu (5/5) kemarin.

“Jika kita ingin memerangi terorisme maka kita harus membekukan sumber pendanaannya,” kata Menteri Dalam Negeri Jerman, Horst Seehofer.

Menurut laporan yang dikutip dari surat kabar Jerman, Bild, anggota kepolisian setempat menggeledah sejumlah bangunan di sepuluh negara bagian setelah organisasi itu dinyatakan terlarang.

Pada 2019, Kepolisian Jerman sempat menggeledah kantor Ansaar dan lembaga WorldWide Resistance-Help. Saat itu kedua lembaga dicurigai mendanai kegiatan kelompok milisi Hamas, yang masuk dalam daftar kelompok teroris Uni Eropa.

Menurut Seehofer, Ansaar dan lembaga yang terkait menyebarkan ajaran Salafi dan membiayai aksi teror di seluruh dunia dengan kedok bantuan kemanusiaan.
Lihat juga: Rumah Kelompok Salafi Jerman Digerebek Terkait Terorisme

Sedangkan di dalam situs, Ansaar menyatakan mereka membantu menyediakan bantuan kemanusiaan bagi para korban perang dan konflik. Kegiatannya meliputi pembiayaan untuk proyek infrastruktur seperti bangunan, rumah sakit, panti asuhan atau sekolah.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>