Uni Eropa Imbau Negara Anggota Menerima Pengungsi Afghanistan


Ilustrasi, thinkstockphotos

Ketua Uni Eropa (UN) Ursula von der Leyen mengimbau negara-negara anggota menerima pengungsi Afghanistan. Dia mengatakan itu usai mengunjungi pangkalan militer di Spanyol yang ditetapkan sebagai pusat penerimaan warga Afghanistan yang tiba dari Kabul.

“Untuk orang-orang yang tak dapat kembali atau di rumah, kita harus menawarkan alternatif. Ini berarti, pertama, kita harus menawarkan rute legal dan aman secara global, yang dikoordinasikan oleh kita, untuk siapa saja yang membutuhkan perlindungan kita,” kata dia, seperti diberitakan AFP, Sabtu (21/8).

Dia juga menjelaskan semua negara yang telah menjalankan misi di Afghanistan perlu menyusun kuota memadai yang dibutuhkan para pengungsi.

Komisi UN dikatakan siap mengeluarkan dana untuk membantu negara UN yang mendukung dan membantu menangani pengungsi.

Pangkalan militer di Spanyol yang berkapasitas 800 orang akan menjadi lokasi sementara untuk pengungsi Afghanistan dan keluarganya sebelum dipindahkan ke negara-negara Eropa.

Josep Borell, kepala kebijakan luar negeri UN, yang juga ikut mengunjungi pangkalan militer itu mengatakan melalui Twitter bahwa hampir 150 orang sudah dievakuasi.

Selama sepekan banyak negara tengah berusaha mengevakuasi orang-orang dari Afghanistan, bukan hanya warga negara sendiri tetapi juga warga Afghanistan yang bekerja untuk mereka dan siapapun yang takut atas rezim Taliban.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>